ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA PADA INDUSTRI RAMBUT PALSU DI KABUPATEN PURBALINGGA


FIKI DWI AISYAH, NIM 7111416100 (2020) ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA PADA INDUSTRI RAMBUT PALSU DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA PADA INDUSTRI RAMBUT PALSU DI KABUPATEN PURBALINGGA] PDF (ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA WANITA PADA INDUSTRI RAMBUT PALSU DI KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Produktivitas, industri rambut palsu, tenaga kerja wanita, usaha kecil dan menengah Salah satu industri unggulan di Kabupaten Purbalingga adalah industri rambut palsu. Industri ini memiliki prospek yang besar dalam menopang laju perekonomian dan memiliki potensi yang besar terhadap perluasan kesempatan kerja sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Purbalingga. Sebagian besar hasil industri rambut palsu di Kabupaten Purbalingga banyak diminati oleh konsumen luar daerah bahkan sampai ke mancanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh upah, lama menempuh pendidikan, pengalaman kerja dan kategori industri sebagai variabel dummy terhadap produktivitas tenaga kerja wanita pada industri rambut palsu di Kabupaten Purbalingga. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang terdiri dari tenaga kerja wanita yang bekerja pada industri rambut palsu menengah besar dan pada industri kecil rambut palsu di Kabupaten Purbalingga. Variabel penelitian ini adalah upah (X1), lama menempuh pendidikan (X2), pengalaman kerja (X3), kategori industri (variabel dummy) dan produktivitas (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kajian pustaka, observasi, kuesioner, dan wawancara. Data yang dianalisis menggunakan metode analisis deskripstif kuantitatif dan uji regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan Eviews. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel upah, lama menempuh pendidikan, pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja wanita pada industri rambut palsu di Kabupaten Purbalingga. Sedangkan kategori industri sebagai variabel dummy tidak mempunyai pengaruh secara signifikan, sehingga tidak ada perbedaan antara tingkat produktivitas tenaga kerja wanita yang bekerja pada industri menengah besar dengan industri kecil rambut palsu. Dalam penelitian ini saran yang dapat diberikan yaitu kepada pihak perusahaan/industri agar lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendorong peningkatan produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Produktivitas, industri rambut palsu, tenaga kerja wanita, usaha kecil dan menengah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:49
Last Modified: 10 Sep 2021 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45958

Actions (login required)

View Item View Item