THE EFFECT OF MACROECONOMIC VARIABLES AGAINST E-COMMERCE TRANSACTION IN INDONESIA AND 5 ASIA PACIFIC COUNTRIES


Rahma Wijayanti, NIM 7111416087 (2020) THE EFFECT OF MACROECONOMIC VARIABLES AGAINST E-COMMERCE TRANSACTION IN INDONESIA AND 5 ASIA PACIFIC COUNTRIES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of THE EFFECT OF MACROECONOMIC VARIABLES AGAINST E-COMMERCE TRANSACTION IN INDONESIA AND 5 ASIA PACIFIC COUNTRIES] PDF (THE EFFECT OF MACROECONOMIC VARIABLES AGAINST E-COMMERCE TRANSACTION IN INDONESIA AND 5 ASIA PACIFIC COUNTRIES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Ekonomi Digital, E-commerce, SEM, Asia Pasifik. Perekonomian dunia mulai beranjak menuju era perekonomian dengan menggunakan Information and Comunication Thecnology (ICT) atau biasa disebut dengan ekonomi digital. E-commerce menjadi sector yang memiliki pertumbuhan yang cukup mengesankan dalam era ekonomi digital saat ini. Asia Pasifik muncul sebagai wilayah dengan pertumbuhan transaksi e-commerce tercepat di dunia walaupun dengan kondisi perekonomian yang masih lebih rendah dibandingkan dengan wilayah lainnya. Selanjutnya Indonesia juga menempati posisi pertama dengan pertumbuhan transaksi e-commerce tercepat di Asia Pasifik dengan segala keterbatasannya dalam hal perekonomian. Walaupun pertumbuhannya cepat nilai nominal transaksi e-commerce di Indonesia terhitung lebih kecil dibandingkan negara lainnya di Asia Pasifik. Untuk itu penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi perekonomian mempengaruhi nilai transaksi e-commerce di suatu wilayah. Dalam penelitian ini digunakan 4 variabel makro ekonomi yang dianggap mewakili kondisi perekonomian yaitu tingkat harga, jumlah uang beredar, pendapatan nasional dan tingkat suku bunga. Wilayah yang di teliti adalah Indonesia dan 5 negara di Asia Pasifik selama periode 2011-2018. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Stuctural Equation Model (SEM) dengan menggunakan metode Patial Least Square (PLS) dan diolah menggunakan software WarpPLS 6.0. Kedua wialayah yang di teliti memiliki hasil berbeda dimana hasil analisis untuk wilayah Indonesia menunjukan dari 4 variabel makro ekonomi yang di teliti, terdapat 3 variabel yang dapat mempengaruhi transaksi e-commerece yaitu variabel tingkat harga (P), tingkat suku bunga (r) dan jumlah uang beredar (JUB). Berbeda dengan hasil analisis untuk wilayah Indonesia, penelitian yang dilakukan menggunakan data 5 Negara di Asia Pasifik yaitu China, India, Jepang, Korea Selatan dan Australia menunjukan hasil bahwa dari 4 variabel makro ekonomi yang di teliti hanya satu variabel yang memiliki engaruh terhadapa transaksi e-commerce di wilayah ini yaitu variabel pendapatan (Y).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ekonomi Digital, E-commerce, SEM, Asia Pasifik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:27
Last Modified: 10 Sep 2021 05:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45955

Actions (login required)

View Item View Item