Determinasi IHSG Terhadap Peristiwa Politik, Variabel Makroekonomi, Harga Komoditas, dan Indeks Bursa Asing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019.


Moh Miftahus Surur, NIM 7111416079 (2020) Determinasi IHSG Terhadap Peristiwa Politik, Variabel Makroekonomi, Harga Komoditas, dan Indeks Bursa Asing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Determinasi IHSG Terhadap Peristiwa Politik, Variabel Makroekonomi, Harga Komoditas, dan Indeks Bursa Asing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019.] PDF (Determinasi IHSG Terhadap Peristiwa Politik, Variabel Makroekonomi, Harga Komoditas, dan Indeks Bursa Asing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019.) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

KATA KUNCI: IHSG, Peristiwa Politik, Variabel Makroekonomi, Harga Komoditas, Indeks Bursa Asing. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan gabungan beberapa indeks harga saham perusahaan yang berada di bursa efek Indonesia yang terdiri dari 680 emiten di bursa. IHSG dipilih sebagai variabel penelitian ini, karena IHSG merupakan sebuah cerminan indikator perekonomian suatu negara. IHSG terus mengalami fluktuasi yang cenderung negatif setelah peristiwa politik terjadi di Pemerintahan Jokowi-JK periode tahun 2014 hingga tahun 2019. Maka dari itu dalam penelitian ini tujuannya adalah untuk menguji pengaruh beberapa varibel yang mempengaruhi IHSG pada periode tahun 2014 hingga tahun 2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunnakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Variabel dalam penelitian ini adalah IHSG (Y) sebagai variabel dependen dengan dummy (peristiwa politik) dan Inflasi (X1), Kurs (X2), JIBOR (X3), Harga Minyak Bumi (X4), Indeks DJIA (X5), Indeks SSEC (X6) sebagai variabel independen. Metode analisis yang digunnakan adalah regesi dengan metode ECM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inflasi dan Kurs memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap IHSG artinya apabila terjadi kenaikan Inflasi dan Kurs maka menjadikan pergerkan IHSG menurun, Untuk variabel JIBOR dan Harga Minyak Bumi cenderung memiliki pengaruh negatif yang tidak begitu signifikan terhadap IHSG, dan untuk Indeks DJIA dan SSEC memiliki pengaruh positif terhadap IHSG artinya setiap ada kenaikan Indeks DJIA dan SSEC maka akan menyebabkan pergerakan IHSG meningkat. Sedangkan untuk peristiwa politik (dummy) memiliki pengaruh negatif terhadap IHSG, hal ini berarti setiap adanya peristiwa politik akan menyebabkan stabilitas politik negara terganggu sehingga ketika kenaikan ketidakstabilan politik akan menyebabkan pergerakan IHSG menurun. Saran dari penelitian ini adalah pemerintah senantiasa untuk selalu menjaga stabilitas politik khususnya ketika terjadi peristiwa politik seperti pemilu, karena ketika stabilitas politik terganggu akan membentuk katalis negatif yang dapat menyebabkan IHSG terkoreksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: IHSG, Peristiwa Politik, Variabel Makroekonomi, Harga Komoditas, Indeks Bursa Asing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:24
Last Modified: 10 Sep 2021 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45954

Actions (login required)

View Item View Item