THE EFFECT OF EXTERNAL DEBT, FOREIGN DIRECT INVESTMENT, AND EXCHANGE RATE TO INDONESIAN GDP IN 2008 - 2019


Michael Aflahul Ishlah, 7111416066 (2020) THE EFFECT OF EXTERNAL DEBT, FOREIGN DIRECT INVESTMENT, AND EXCHANGE RATE TO INDONESIAN GDP IN 2008 - 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of THE EFFECT OF EXTERNAL DEBT, FOREIGN DIRECT INVESTMENT, AND EXCHANGE RATE TO INDONESIAN GDP IN 2008 - 2019] PDF (THE EFFECT OF EXTERNAL DEBT, FOREIGN DIRECT INVESTMENT, AND EXCHANGE RATE TO INDONESIAN GDP IN 2008 - 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing, Kurs, Produk Domestik Bruto, VECM. Utang luar negeri menjadi sumber pembiayaan baik bagi pemerintah untuk menutup defisit anggaran, atau bagi swasta sebagai modal tambahan bagi perusahaan. Dari satu sisi pembiayaan ULN dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi disisi lain memiliki resiko dampak negatif bagi perekonomian. Penanaman modal asing (PMA) juga menjadi sumber pembiayaan tambahan bagi perekonomian, dan kurs termasuk variabel yang berpengaruh dalam transaksi perekonomian internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari ULN pemerintah dan Bank Indonesia, ULN swasta lembaga keuangan, ULN swasta bukan lembaga keuangan, PMA, dan kurs terhadap PDB selama periode 2008 – 2019. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis VECM (Vector error correction model) dengan data time series. Hasil penelitian menunjukkan ULN pemerintah dan BI berpengaruh negatif signifikan dalam jangka panjang dan pendek, ULN swasta lembaga keuangan berpengaruh positif tidak signifikan dalam jangka panjang, ULN swasta bukan lembaga keuangan berpengaruh negatif signifikan pada jangka panjang dan pendek, PMA berpengaruh positif tidak signifikan dalam jangka panjang dan pendek, sementara kurs berpengaruh negatif signifikan dalam jangka panjang dan positif tidak signifikan dalam jangka pendek terhadap PDB. Penelitian ini menyarankan pemerintah untuk bertahap mengurangi utang luar negeri yang semakin memberatkan pembayaran cicilan oleh APBN mendatang, meningkatkan penerimaan negara baik dari pajak maupun non pajak, membuat peraturan mengenai perijinan investasi asing yang mudah dan mencegah pungutan liar, serta optimal menerapkan perjanjian local currency settlement.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing, Kurs, Produk Domestik Bruto, VECM.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:54
Last Modified: 10 Sep 2021 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45950

Actions (login required)

View Item View Item