DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2010-2018


Chandra Octaviani, 7111416052 (2020) DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2010-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2010-2018] PDF (DETERMINAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2010-2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Tingkat Kemiskinan, Jumlah Penduduk, PDRB Perkapita, Ketimpangan, dan Dana Alokasi Umum. Provinsi Papua merupakan provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Indonesia. Tingkat kemiskinan Provinsi Papua berada diatas rata-rata nasional selama tahun 2010-2018. Hal tersebut merupakan permasalahan yang serius karena akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingginya tingkat kemiskinan di Provinsi Papua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengandata panel yaitu kombinasi time series dan cross section. Pengujian secara parsial digunakan uji t-Statistik dan pengujian secara serempak digunakan uji F-Statistik, dimana pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews 9.0. dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik Papua dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DPJK) tahun 2010-2018. Variabel penelitian ini adalah tingkat kemiskinan, jumlah penduduk, PDRB perkapita, ketimpangan, dan dana alokasi umum. Hasil dari penelitian ini adalah variabel jumlah penduduk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan, variabel PDRB perkapita berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan, variabel ketimpangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan, dan variabel dana alokasi umum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,9683 menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan pengaruhnya sebesar 96,83% terhadap varibel dependen sedangkan sisanya 3,17% dijelaskan oleh variabel lain yang tdak dimasukkan pada penelitian. Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) Pemerintah diharapkan dapat membantu mendorong peningkatan kualitas penduduk dengan cara memperbaiki kualitas pendidikan. (2) Mendorong kenaikan nilai PDRB dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur. (3) Memberikan bantuan dan menyediakan lapangan pekerjaan yang layak kepada masyarakat menengah kebawah agar pemerataan pendapatan dapat tercapai. (4) pemaksimalan pemanfaatan dana alokasi umum sebagai belanja pembangunan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Papua yang selanjutnya dapat menurunkan tingkat kemiskinan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tingkat Kemiskinan, Jumlah Penduduk, PDRB Perkapita, Ketimpangan, dan Dana Alokasi Umum.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:40
Last Modified: 10 Sep 2021 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45947

Actions (login required)

View Item View Item