ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSAKSI UANG ELEKTRONIK DI INDONESIA


Muhammad Roy Joni Iskandar, NIM 7111416044 (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSAKSI UANG ELEKTRONIK DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSAKSI UANG ELEKTRONIK DI INDONESIA] PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRANSAKSI UANG ELEKTRONIK DI INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Transaksi Uang Elektronik, Uang Kertas yang Dimusnahkan, Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Deposito Berjangka, Suku Bunga Kredit, Indeks Harga Konsumen (IHK), Autoregressive Distributed Lag (ARDL) Uang elektronik merupakan uang yang sangat baru dan sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia, meskipun baru namun pertumbuhan transaksi dan perkembangannya sangat pesat. Meskipun begitu transaksi non tunai (cashless) di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain di Kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh instrumen moneter yang meliputi uang kertas yang dimusnahkan/uang tidak layak edar, pertumbuhan ekonomi, jumlah deposito berjangka, suku bunga kredit, dan Indeks Harga Konsumen (IHK) terhadap transaksi uang elektronik di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Autoregressive Distributed Lag (ARDL) dengan menggunakan data time series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uang kertas yang dimusnahkan/uang tidak layak edar berpengaruh negatif dan signifikan dalam jangka pendek pada periode sekarang dan pada satu periode sebelumnya (t-1), serta berpengaruh juga dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dalam jangka pendek pada dua periode sebelumnya (t-2), serta berpengaruh dalam jangka panjang. Jumlah deposito berjangka berpengaruh dalam jangka pendek pada tiga periode sebelumnya (t-3), serta berpengaruh dalam jangka panjang. Suku bunga kredit tidak memiliki pengaruh dalam jangka pendek tetapi berpengaruh negatif dan signifikan dalam jangka panjang. Serta Indeks Harga Konsumen (IHK) tidak memiliki pengaruh signifikan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang terhadap transaksi uang elektronik di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Transaksi Uang Elektronik, Uang Kertas yang Dimusnahkan, Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Deposito Berjangka, Suku Bunga Kredit, Indeks Harga Konsumen (IHK), Autoregressive Distributed Lag (ARDL)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:33
Last Modified: 10 Sep 2021 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45946

Actions (login required)

View Item View Item