DETERMINAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TKI UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI


Fithrotul Husna Sajidah, NIM 7111416031 (2020) DETERMINAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TKI UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TKI UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI] PDF (DETERMINAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TKI UNTUK BEKERJA DI LUAR NEGERI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : TKI , Pendidikan Terakhir, Upah, Status Pekerjaan, Keputusan. Dalam pelaksanaan strategi pembangunan, tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi masih menjadi fenomena di negeri ini karena lapangan pekerjaan yang tersedia belum mampu menampung tenaga kerja yang ada. Tahun 2018 pengangguran di Indonesia masih didominasi lulusan SMA, pengangguran tenaga kerja di Jawa Tengah didominasi lulusan SMK, dengan ini para pencari kerja memilih menjadi migran untuk mendapatkan pekerjaan baru. Jumlah pengiriman tenaga kerja Indonesia asal Jawa Tengah terbanyak dari tahun 2014-2018. TKI asal Jawa Tengah kebanyakan lulusan SMP sedangkan pengangguran di Jawa Tengah sendiri kebanyakan lulusan SMK, dengan ini terjadinya fenomena baru bahwa lulusan SMP yang unskill banyak menjadi TKI dibandingkan dengan lulusan SMK yang lebih memiliki skill. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survei. Variabel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 3 variabel independent dan 1 variabel dependen yang mana 3 variabel independen yaitu pendidikan terakhir, upah, dan status pekerjaan. Variabel dependen yaitu keputusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja di luar negeri. Metode analisis data yang digunakan metode Binary Logit dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan terakhir, dan upah berpengaruh signifikan terhadap keputusan TKI bekerja di luar negeri. Status pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan TKI bekerja di luar negeri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TKI , Pendidikan Terakhir, Upah, Status Pekerjaan, Keputusan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:01
Last Modified: 10 Sep 2021 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45937

Actions (login required)

View Item View Item