ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DALAM KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA KABUPATEN CILACAP


Nur Aisah, NIM 7111416029 (2020) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DALAM KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DALAM KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA KABUPATEN CILACAP] PDF (ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DALAM KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA KABUPATEN CILACAP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pemilihan Moda Transportasi, Perjalanan Wisata, Analytical Hierarchy Process (AHP) Moda transportasi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi sektor pariwisata. Sektor pariwisata tidak dapat maju tanpa adanya dukungan dari sektor lain seperti sektor angkutan atau moda transportasi. Salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki kelengkapan fasilitas moda transportasi yaitu Kabupaten Cilacap. Dengan kelengkapan fasilitas moda transportasi maka terdapat banyak alternatif dan kriteria yang dapat menjadikan dasar pemilihan moda transportasi untuk perjalanan wisata. Namun dengan kelengkapan moda transportasi serta kriteria yang dimiliki, jumlah wisatawan Kabupaten Cilacap masih sedikit jika dibandigkan dengan daerah di sekitar Kabupaten Cilacap yang tidak memiliki kelengkapan fasilitas moda transportasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis urutan prioritas kriteria dalam preferensi moda transportasi perjalanan wisata, menganalisis urutan alternatif moda transportasi untuk perjalanan wisata disetiap kriteria dan menganalisis prioritas utama alternatif moda transportasi untuk perjalanan wisata di objek wisata Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari konfirmasi kriteria dan kuesioner kepada 6 keyperson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Hierarki Proses (AHP). Software analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expert Choice 11.0. Variabel dalam penelitian ini yaitu keamanan, kenyamanan, waktu, akses dan biaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prioritas wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata adalah kriteria keamanan, prioritas kriteria selanjutnya yaitu kenyamanan, waktu, akses dan prioritas terakhir biaya. Prioritas alternatif moda transportasi yang digunakan untuk perjalanan wisata yang pertama yaitu kendaraan pribadi, prioritas selanjutnya yaitu kereta api, bus, pesawat dan prioritas terakhir yaitu kapal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemilihan Moda Transportasi, Perjalanan Wisata, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:32
Last Modified: 10 Sep 2021 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45936

Actions (login required)

View Item View Item