HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG


Wahyu Suciati, 1401412341 (2019) HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG] PDF (HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja (performance) dapat dipahami sebagai prestasi, hasil atau kemampuan yang dicapai atau diperlihatkan dalam pelaksanaan kerja, kewajiban, atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran, guru adalah aktor utama disamping orang tua dan elemen lainnya. Jika kinerja mengajar guru baik, maka hasil belajar yang diperoleh siswa akan meningkat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu. Kurang optimalnya kinerja guru dalam pembelajaran, kurang berperannya siswa ketika belajar, dan keadaan kelas kurang kondusif saat proses belajar mengajar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, kedua hal ini saling berhubungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus KI Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang. Penelitian ini temasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 166 siswa dan 7 guru kelas IV. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel kuota, dan sampel yang diambil 30% dari jumlah populasi yaitu sebesar 77 siswa dan 3 guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar pengamatan dan data dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis korelasi dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan kinerja guru dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,9973, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 3 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,9969, sehingga rhitung > rtabel (0,9973 > 0,9969). Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan kinerja guru dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang. Saran yang diberikan bagi guru dan sekolah adalah untuk dapat memahami peserta didiknya dengan memilih model, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Sehingga hasil belajar siswa lebih optimal serta saran bagi peneliti yang ingin meneliti kinerja guru adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk membantu dalam melakukan penelitian dengan subjek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:23
Last Modified: 10 Sep 2021 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45935

Actions (login required)

View Item View Item