HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


A’an Noor Kholiq, 1511413081 (2020) HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR DENGAN KUALITAS PERSAHABATAN PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa atau remaja terkadang tidak mampu hidup sendirian, mereka sangat membutuhkan kehadiran orang lain. Sebagai mahluk sosial, mahasiswa membutuhkan sosok teman atau sahabat untuk menemani dalam berbagai aktivitas kehidupannya. Mahasiswa jurusan Psikologi UNNES menunjukkan adanya kualitas persahabatan yang tinggi yang ditandai adanya pertukaran informasi yang baik, keintiman, saling mendukung, tolong-menolong, serta minimnya konflik yang terjadi. Sense of humor yang tinggi pada mahasiswa Psikologi UNNES ditengarai menjadi salah satu alasan kualitas persahabatan persahabatan mahasiswa tinggi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas persahabatan, gambaran sense of humor, dan menguji adanya hubungan antara sense of humor dengan kualitas persahabatan pada mahasiswa Psikologi UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi UNNES dan sampel berjumlah 270 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Skala sense of humor terdiri dari 29 aitem dengan validitas 0,379 hingga 0,677 dan reliabilitas sebesar 0,940. Skala kualitas persahabatan memiliki 27 aitem dengan validitas antara 0,399 hingga 0,812 dan reliabilitas sebesar 0,906. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi tata jenjang dari Spearman. Hasil penelitian menunjukkan kualitas persahabatan pada mahasiswa Psikologi berada pada kategori tinggi, dan sense of humor pada mahasiswa berada pada kategori tinggi. Koefisien korelasi (r) sebesar = 0,304 dengan signifikansi (p) = 0,000 pada taraf signifikansi 5% (ρ < 0,01). Maka terdapat hubungan positif yang signifikan antara sense of humor dengan kualitas persahabatan pada mahasiswa Psikologi UNNES. Artinya, semakin tinggi sense of humor maka semakin tinggi juga kualitas persahabatan, atau sebaliknya semakin rendah sense of humor maka semakin rendah kualitas persahabatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sense of humor, kualitas persahabatan, mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:20
Last Modified: 10 Sep 2021 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45934

Actions (login required)

View Item View Item