PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL


Ulfa Maghfiroh, 1401416225 (2020) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya. Komponen utama dalam pendidikan adalah guru dan siswa. Proses belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa. Kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa yang rendah akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal yang berjumlah 155. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kompetensi kepribadian guru (X1), karakter siswa (X2), dan hasil belajar matematika (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling jenis proportionate stratified random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dari 253 siswa, diperoleh sampel penelitian sejumlah 155 siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tiga teknik, yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan thitung > nilai ttabel (5,689 > 1,976) dan nilai koefisien determinannya sebesar 0,175; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara karakter siswa terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan thitung > nilai ttabel (10,955 > 1,976) dan nilai koefisien determinannya sebesar 0,44; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan Fhitung > nilai Ftabel (106,522 > 3,056) dan nilai koefisien determinannya sebesar 0,578. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru dan karakter siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Disarankan pada pihak sekolah untuk memberi fasilitas kepada guru mengenai pelatihan kompetensi guru. Guru hendaknya mengikuti pelatihan/ seminar terkait kompetensi guru serta menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter-karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika;kompetensi kepribadian; karakter siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:16
Last Modified: 10 Sep 2021 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45932

Actions (login required)

View Item View Item