PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SDN DABIN 4 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES


Sri Widianingsih, 1401416033 (2020) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SDN DABIN 4 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SDN DABIN 4 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES] PDF (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SDN DABIN 4 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, kesiapan belajar termasuk dalam faktor internal yang memengaruhi hasil belajar siswa. Semakin baik kesiapan belajar, siswa akan memeroleh hasil belajar yang baik, sementara faktor dari luar yang dapat menunjang proses pembelajaran lebih menarik yaitu penggunaan multimedia. Oleh karena itu, peran keduanya saling memengaruhi untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dabin 4 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Dabin 4 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes yang berjumlah 263 siswa. Penelitian ini diambil dengan teknik probability sampling tipe proportionate Stratified Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 159 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dekskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi ganda, koefisien determinasi,dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 26,7%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan multimedia terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan pengaruh 21,4%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan penggunaan multimedia terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan pengaruh sebesar 34%. Dapat disimpulkan bahwa: kesiapan belajar dan penggunaan multimedia berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Dabin 4 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orangtua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan kesiapan belajar siswa dan penggunaan multimedia yang menarik sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kesiapan Belajar; Penggunaan Multimedia.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:07
Last Modified: 10 Sep 2021 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45930

Actions (login required)

View Item View Item