PENGARUH KEMAMPUAN ARITMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Siti Hanifah, 1401416065 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN ARITMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMAMPUAN ARITMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL] PDF (PENGARUH KEMAMPUAN ARITMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar Matematika kelas V tersebut dipengaruhi oleh kemampuan aritmatika dan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan aritmatika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal yang berjumlah 316 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 177 siswa. Teknik analisis prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Setelah data dinyatakan dapat memenuhi analisis prasyarat, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan ( ), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan aritmatika terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dari perolehan > (9,700 > 1,973), dengan pengaruh sebesar 35,0%; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dari perolehan > (6,369 > 1,973), dengan pengaruh sebesar 18,8%; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan aritmatika dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Matematika kelas V SDN Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, yang dibuktikan dengan hasil uji F sehingga diperoleh nilai > (65,966 > 3,048), dengan pengaruh sebesar 43,1%. Saran peneliti bahwa guru harus meningkatkan kemampuan aritmatika siswa dengan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, melakukan pembelajaran yang bermakna kepada siswa. Bagi pihak sekolah hendaknya mendukung guru untuk melakukan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan efektif agar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika; Kemampuan Aritmatika; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:57
Last Modified: 10 Sep 2021 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45924

Actions (login required)

View Item View Item