ANALISIS PENYALURAN KREDIT UMKM DI INDONESIA PERBANDINGAN KREDIT PADA BANK UMUM DAN BANK PERKREDITAN RAKYAT


Dwi Afian Sari, NIM 7111416011 (2020) ANALISIS PENYALURAN KREDIT UMKM DI INDONESIA PERBANDINGAN KREDIT PADA BANK UMUM DAN BANK PERKREDITAN RAKYAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENYALURAN KREDIT UMKM DI INDONESIA PERBANDINGAN KREDIT PADA BANK UMUM DAN BANK PERKREDITAN RAKYAT] PDF (ANALISIS PENYALURAN KREDIT UMKM DI INDONESIA PERBANDINGAN KREDIT PADA BANK UMUM DAN BANK PERKREDITAN RAKYAT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

viii SARI Sari, Dwi Afian. 2020. “Analisis Penyaluran Kredit UMKM Di Indonesia Perbandingan Kredit pada Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Shanty Oktavilia, S.E., M.Si. 140 halaman. Kata kunci : Kredit UMKM, Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat Upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna mengembalikan kondisi perekonomian menjadi lebih baik melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional, dengan mendorong serta mengembangkan bisnis atau kegiatan usaha yang berada di Indonesia melalui penyaluran kredit yang dilakukan lembaga perbankan baik perbankan konvensional yaitu Bank Umum ataupun perbankan yang dikhususkan seperti Bank Perkreditan Rakyat yang ditujukan kepada para pelaku UMKM, hal ini dikarenakan UMKM telah berkontribusi cukup tinggi dalam mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, serta UMKM mampu tetap berdiri dalam masa krisis perekonomian karena UMKM tidak banyak bergantung pada impor atau pun faktor-faktor eksternal. Dalam penyaluran kredit terdapat faktor faktor yang dapat mempengaruhi tingkat permintaan kredit baik dari tingkat keuangan dari masing-masing bank ataupun dari masyarakat yang melakukan permintaan kredit, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Suku Bunga, NPL, PDB dan Jumlah Penduduk dalam mempengaruhi penyaluran kredit UMKM perbandingan pada Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari instansi pemerintah Indonesia selama kurun waktu 2014-2019 dalam 34 provinsi yang ada di Indonesia, sehingga penelitian ini menggunakan metode data panel dalam menganalisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian Bank Umum, variabel Suku Bunga memiliki pengaruh negatif yang signifikan serta variabel NPL juga berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kredit UMKM, sedangkan variabel PDB dan Jumlah Penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredit UMKM pada Bank Umum. Kemudian hasil pengujian pada Bank Perkreditan Rakyat menunjukkan bahwa variabel Suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kredit UMKM kemudian variabel lainya seperti NPL, PDB, dan Jumlah Penduduk memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kredit UMKM pada Bank Perkreditan Rakyat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penyaluran kredit pada BU lebih baik dalam faktor yang mempengaruhi, saran dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengendalian tingkat suku bunga, pengetatan dalam kegiatan kredit, serta memperluas jangkauan bank.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kredit UMKM, Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:59
Last Modified: 10 Sep 2021 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45923

Actions (login required)

View Item View Item