STRATEGI MEWUJUDKAN KAMPUS HIJAU MELALUI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN (STUDI KASUS: UNIVERSITAS SEBELAS MARET)


Reza Nadya Isabella Putri, 7111416007 (2020) STRATEGI MEWUJUDKAN KAMPUS HIJAU MELALUI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN (STUDI KASUS: UNIVERSITAS SEBELAS MARET). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI MEWUJUDKAN KAMPUS HIJAU MELALUI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN (STUDI KASUS: UNIVERSITAS SEBELAS MARET)] PDF (STRATEGI MEWUJUDKAN KAMPUS HIJAU MELALUI TRANSPORTASI BERKELANJUTAN (STUDI KASUS: UNIVERSITAS SEBELAS MARET)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program kampus hijau merupakan upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah lingkungan yang terjadi akibat polusi salah satunya Pemerintah Kota Surakarta. Dengan melibatkan perguruan tinggi diharapkan mampu menjadi contoh nyata perwujudan penghijauan kepada masyarakat sekitarnya untuk membantu mewujudkan kota hijau dan ramah lingkungan. Tingginya tingkat polusi yang terjadi tentu diiringi oleh tingginya angka penggunaan kendaraan bermotor yang juga tinggi. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui urutan prioritas strategi apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan kampus hijau melalui transportasi berkelanjutan di Universitas Sebelas Maret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Alat analisis yang digunakan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) yang digunakan untuk menentukan urutan prioritas strategi dalam mewujudkan kampus hijau melalui transportasi berkelanjutan di Universitas Sebelas Maret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan strategi prioritas dalam mewujudkan kampus hijau melalui transportasi berkelanjutan adalah peningkatan kualitas lingkungan, pengembangan sarana dan prasarana serta kebijakan universitas. Berdasarkan prioritas tersebut, harus adanya kerjasama yang turut dilakukan oleh civitas akademika agar terwujudnya kampus hijau tersebut. Selain itu, segala rencana strategi yang telah disiapkan harus dilakukan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Green Campus, Sustainable Transportation, Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:53
Last Modified: 10 Sep 2021 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45919

Actions (login required)

View Item View Item