PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DEGRADASI LINGKUNGAN DI ASIA SELATAN


Yayu Tika Atmadani, 7111416006 (2020) PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DEGRADASI LINGKUNGAN DI ASIA SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DEGRADASI LINGKUNGAN DI ASIA SELATAN] PDF (PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DEGRADASI LINGKUNGAN DI ASIA SELATAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci : Lingkungan, Emisi CO2, Pendapatan, Pendidikan Degradasi lingkungan dapat dipicu oleh masalah gas rumah kaca yang terjadi karena tingginya kadar emisi CO2 di atmosfer. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya pertumbuhan emisi CO2 di Asia Selatan bahkan termasuk ke dalam kawasan dengan pertumbuhan emisi CO2 tertinggi di Benua Asia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan emisi CO2 di Asia Selatan periode tahun 2010-2017. Penelitian ini menggunakan metode data panel, yaitu dengan menggunakan 5 negara di kawasan Asia Selatan sebagai data cross section, serta pada periode tahun 2010-2017 atau 8 tahun sebagai total data time series. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah emisi CO2, serta variabel independen yang digunakan adalah jumlah penduduk, pendapatan per kapita, keterbukaan ekonomi, konsumsi energi, serta pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah penduduk tidak berpengaruh terhadap kenaikan emisi CO2, pendapatan per kapita pada awalnya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kenaikan emisi CO2, namun setelah mencapai titik puncak pendapatan per kapita justru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenaikan emisi CO2, keterbukaan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan tehadap kenaikan emisi CO2, konsumsi energi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenaikan emisi CO2, serta pendidikan yang tidak berpengaruh terhadap kenaikan emisi CO2. Berdasarkan dari hasil penelitian maka saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini adalah: peran pemerintah dibutuhkan dalam mengendalikan kenaikan emisi CO2 yang bersumber dari kegiatan industri, yaitu dengan menerapkan emissions tax terhadap setiap pembakaran energi fosil yang dilakukan pada kegiatan industri, pengenaan biaya pada fasilitas umum yang cenderung dimanfaatkan oleh masyarakat dengan pendapatan menengah ke atas, pemerintah perlu untuk membuat kebijakan terhadap penggunaan energi fosil agar beralih ke energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan, perlu adanya pengenaan tarif terhadap produk perdagangan luar negeri yang terindikasi akan meningkatkan emisi CO2, serta tetap perlu diperhatikan pendidikan masyarakat agar kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas lingkungan tertanamkan sejak dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Lingkungan, Emisi CO2, Pendapatan, Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:48
Last Modified: 10 Sep 2021 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45916

Actions (login required)

View Item View Item