KEEFEKTIFAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBANTUAN KARTUN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA


Eka Nurhidayah, 4201415036 (2020) KEEFEKTIFAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBANTUAN KARTUN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBANTUAN KARTUN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA] PDF (KEEFEKTIFAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBANTUAN KARTUN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu media pembelajaran yang biasa digunakan untuk membantu kegiatan praktikum adalah panduan praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan praktikum berbantuan kartun, mendeskripsikan kelayakan dan karakteristiknya, serta untuk mengetahui keefektifan dan tingkat keefektifan produk terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D; pengujian produk menggunakan tipe Posttest Only - Control Group Design, yang dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambarawa. Hasil penelitian ini adalah: panduan praktikum berbantuan kartun yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan sangat layak oleh para validator dengan indeks kelayakan 81,818% dalam aspek isi; 85,000% dalam aspek penyajian; 82,000% dalam aspek bahasa; dan 87,143% dalam aspek grafis. Produk ini termasuk modul praktikum yang baik, sesuai dengan “Prinsip Visuals”, disusun secara runtut untuk membimbing siswa melaksanakan kegiatan praktikum dan mengembangkan KPS, serta dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung yang sesuai. Karakter kartun bersama aspek visual lain ditujukan untuk menambah motivasi, memberi contoh gambaran visual, memperjelas dan memudahkan siswa memahami maksud kalimat, serta mengarahkan fokus pembaca. Indeks respons siswa terhadap penerapan panduan praktikum berbantuan kartun adalah 65,516%, termasuk kategori baik. Produk ini mampu membuat siswa senang dan tertarik untuk melakukan kegiatan praktikum. Panduan praktikum berbantuan kartun efektif terhadap peningkatan keterampilan mengukur dan berkomunikasi karena nilai indeks keterampilan mengukur yang dimiliki kelompok eksperimen (100,000%) lebih tinggi dari kelompok kendali (94,444%) dengan effect size 0,000 dan nilai rerata indeks keterampilan berkomunikasi yang dimiliki kelompok eksperimen (82,441%) lebih tinggi dari kelompok kendali (69,474%) dengan effect size 0,983. Sementara itu, produk ini kurang efektif terhadap peningkatan keterampilan mencatat data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan karena nilai indeks keterampilan mencatat data yang dimiliki kelompok eksperimen (94,417%) sama baiknya dengan kelompok kendali (93,500%) dengan effect size 0,071; nilai indeks keterampilan menafsirkan data yang dimiliki kelompok eksperimen (33,333%) sama buruknya dengan kelompok kendali (33,333%) dengan effect size 0,000; dan nilai indeks keterampilan membuat kesimpulan yang dimiliki kelompok eksperimen (77,778%) lebih rendah dari kelompok kendali (99,111%) dengan effect size -1,870. Jadi, dapat disimpulkan bahwa panduan praktikum berbantuan kartun telah dikembangkan dengan baik dan efektif terhadap peningkatan sebagian KPS siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panduan praktikum, kartun, keterampilan proses sains (KPS), respons siswa.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:51
Last Modified: 10 Sep 2021 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45915

Actions (login required)

View Item View Item