PROSES PENGGUNAAN KEMBALI KARBON AKTIF KULIT PISANG UNTUK ASAM LEMAK BEBAS


Ardi Nugroho, 5213416063 (2020) PROSES PENGGUNAAN KEMBALI KARBON AKTIF KULIT PISANG UNTUK ASAM LEMAK BEBAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PENGGUNAAN KEMBALI KARBON AKTIF KULIT PISANG UNTUK ASAM LEMAK BEBAS] PDF (PROSES PENGGUNAAN KEMBALI KARBON AKTIF KULIT PISANG UNTUK ASAM LEMAK BEBAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy

Abstract

Setelah minyak goreng digunakan untuk proses penggorengan, penjual minyak goreng atau rumah tangga sudah akan menggunakan minyak goreng dengan tingkat konsentrasi yang harus disaring lebih lanjut. Pada penelitian ini minyak jelantah yang mengandung asam lemak bebas diolah secara efisien dengan karbon aktif berbasis kulit pisang (Musa acuminata) dengan luas permukaan spesifik 550 m2/g dan gugus fungsi gugus hidroksil. Hasil eksperimen batch berdasarkan studi isotermik menunjukkan bahwa model Freundlich dapat mendeskripsikan proses adsorpsi dengan baik, dan kapasitas adsorpsi maksimum adalah 10 mg/g. Studi termodinamika menunjukkan bahwa proses reaksi bersifat eksotermik dan non-spontan. Entalpi adsorpsi adalah -75 kJ/mol, yang menunjukkan bahwa ikatan hidrogen pada proses kemisorpsi terkendali, dengan suhu adsorpsi optimal 28oC (28-45oC). Umur karbon aktif dapat diperpanjang dengan menggunakan proses desorpsi dengan larutan surfaktan dari sabun cuci piring dalam air. Karbon aktif diperpanjang memiliki kemampuan adsorpsi 52%. Ide dalam penelitian ini adalah memperpanjang umur simpan karbon aktif dan minyak goreng.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karbon aktif, asam lemak bebas, kulit pisang kepok, termodinamika
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:41
Last Modified: 10 Sep 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45912

Actions (login required)

View Item View Item