PRARANCANGAN REAKTOR PADA PABRIK ETIL ASETAT DENGAN PROSES DEHIDROGENASI ETANOL KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN


Sindu Padeswara, 5213416062 (2021) PRARANCANGAN REAKTOR PADA PABRIK ETIL ASETAT DENGAN PROSES DEHIDROGENASI ETANOL KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRARANCANGAN REAKTOR PADA PABRIK ETIL ASETAT DENGAN PROSES DEHIDROGENASI ETANOL KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN] PDF (PRARANCANGAN REAKTOR PADA PABRIK ETIL ASETAT DENGAN PROSES DEHIDROGENASI ETANOL KAPASITAS 30.000 TON/TAHUN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan sektor industri di Indonesia terus mengalami peningkatan, salah satunya adalah pembangunan sektor industri kimia. Oleh karena itu permintaan bahan baku untuk industri kimia semakin tinggi, sehingga produksi dalam negeri tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan tersebut dan Indonesia harus melakukan impor bahan baku. Salah satu pembangunan pabrik yang terus berkembang di bidang petrokimia adalah etil asetat. Pabrik Etil Asetat ini dirancang dengan kapasitas 30.000 ton/tahun. Bahan baku yang dibutuhkan adalah etanol sebesar 31.000 ton/tahun. Produk yang dihasilkan berupa Etil Asetat dengan kemurnian 99,8%. Lokasi pabrik direncanakan di Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pabrik Etil Asetat ini beroperasi 24 jam selama 330 hari per tahun. Peralatan proses yang digunakan antara lain tangki penyimpanan, pompa, heat exchanger, reactive distillation, absorber, adsorber, reaktor, dan menara distilasi. Unit pendukung proses didirikan untuk menunjang proses produksi yang terdiri dari unit penyediaan air, steam, tenaga listrik, udara tekan, penyediaan bahan bakar, serta unit pengolaan limbah. Agar mutu bahan baku dan kualitas produk tetap terkendali, maka keberadaan laboratorium sangat diperlukan. Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non shift. Hasil analisa kelayakan diperoleh hasil ROI sebesar 44%, BEP sebesar 19,77%, SDP sebesar 10,88%, dan POT dalam waktu 2 tahun. Dari analisa ekonomi yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa pabrik etil asetat dengan kapasitas 30.000 ton/tahun layak dipertimbangkan untuk direalisasikan pembangunannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etil Asetat, Reaktor Hidrogenasi, Distilasi
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:38
Last Modified: 10 Sep 2021 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45911

Actions (login required)

View Item View Item