KEANEKARAGAMAN SPESIES IKAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SUNGAI KALIGARANG KOTA SEMARANG


Ela Puji Aprilliyani, 4411415013 (2020) KEANEKARAGAMAN SPESIES IKAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SUNGAI KALIGARANG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEANEKARAGAMAN SPESIES IKAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SUNGAI KALIGARANG KOTA SEMARANG] PDF (KEANEKARAGAMAN SPESIES IKAN SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN DI SUNGAI KALIGARANG KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keanekaragaman spesies ikan dalam ekosistem sungai dapat dijadikan sebagai bioindikator kualitas perairan sungai. Keanekaragaman spesies tinggi mengindikasikan keadaan sungai belum tercemar dan sebaliknya. Sungai Kaligarang Kota Semarang merupakan salah satu sungai dengan beragam aktivitas disekitarnya. Tujuan penelitian adalah mengetahui kualitas perairan Sungai Kaligarang dan keanekaragaman spesies ikan sebagai bioindikator di Sungai Kaligarang Kota Semarang. Jenis penelitian merupakan penelitian eksplorasi. Penelitian dilakukan bulan Januari 2019 - Februari 2020 dengan lokasi stasiun Tinjomoyo, Pertemuan Kripik Kreo, Tugu Soeharto, Belakang PDAM dan sebelum Bendungan Pleret. Pengambilan sampel ikan dengan menggunakan jala tebar dan alat pancing. Ikan yang diperoleh selanjutnya diidentifikasi jenis serta dihitung jumlah tiap jenisnya. Kualitas perairan Kaligarang dilakukan dengan pengujian parameter suhu, pH, DO, COD, kecepatan arus, substrat dasar dan kondisi fisik sungai. Data yang diperoleh dianalisis dengan indeks Kekayaan Jenis Margalef (Dmg), keanekaragaman jenis Shannon-Wiener (H’), indeks kemerataan (E) dan indeks dominansi Simpson (C). Pengukuran kualitas perairan dilakukan bersama saat pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan ikan yang tertangkap ada lima spesies yaitu Oreochromis niloticus (nila), Cichlasoma labiatus (red devil), Barbodes schwanenfeldii (bader), Rasbora agryrataenia (wader), Pterygolichthys pardalis (sapu-sapu). Indeks keanekaragaman spesies ikan di Sungai Kaligarang Kota Semarang dibawah 3,5 (H’<3,5) dan terdapat spesies yang mendominasi yaitu Oreochromis niloticus (nila) diseluruh stasiun pengamatan. Hasil kualitas perairan Sungai Kaligarang Kota Semarang berada dalam ambang batas aman untuk parameter suhu dan pH, sedangkan dibawah ambang batas pada parameter DO dan COD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biondikator, keanekaragaman spesies ikan, kualitas perairan, Sungai Kaligarang
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:29
Last Modified: 10 Sep 2021 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45908

Actions (login required)

View Item View Item