PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET DIKDA BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS II SDN 03 BAWU JEPARA


Siti Eva Ariyanti, 1401416200 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET DIKDA BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS II SDN 03 BAWU JEPARA. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET DIKDA BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS II SDN 03 BAWU JEPARA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET DIKDA BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA MUATAN SBdP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS II SDN 03 BAWU JEPARA)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Muatan pembelajaran SBdP di SD kelas II pada tema 5 adalah materi yang membahas tentang gerak keseharian dan alam. Ditemukan bahwa pada pembelajaran SBdP belum menggunakan media yang inovatif dalam menyampaikan materi gerak keseharian dan alam, kurangnya motivasi belajar dan konsentrasi siswa saat pembelajaran karena merasa jenuh serta siswa kesulitan untuk memahami fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat dan alam sekitarnya sehingga siswa kurang menguasai dan memahami materi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media kartu kuartet DIKDA berbasis Outdoor Learning pada muatan SBdP yang bertujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran; (2) mengetahui hasil kelayakan media; dan (3) menguji keefektifan media. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri 03 Bawu Jepara berjumlah 41 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data mencakup analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir menggunakan uji t-test dan n-gain. Penelitian ini menghasilkan: (1) Pengembangan media bernama kartu kuartet DIKDA, singkatan dari Dinamika Simulasi Keseharian dan Alam. yang memiliki 5 tema keseharian dan 5 tema alam dengan masing-masing tema terdapat 4 kartu sehingga berjumlah 40 kartu, terdapat tambahan kartu KI, KD, indikator, panduan untuk guru dan panduan untuk siswa; (2) media tergolong sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli media sebesar 96,88%, ahli materi sebesar 96,88% dan ahli bahasa sebesar 93,75%; (3) media dinyatakan efektif ditinjau dari hasil peningkatan rata-rata pretest dan posttest hasil belajar psikomotorik siswa pada uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata pretest 57,55 dan posttest 81,44 dengan n-gain sebesar 0,567 termasuk dalam kriteria sedang, pada uji coba kelompok besar menunjukkan rata-rata pretest 63,81dan posttest 80,19 dengan n-gain sebesar 0,466 dengan kriteria sedang. Pada pengujian t-test menunjukan adanya perbedaan yaitu hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Simpulan penelitian ini yaitu media kartu kuartet DIKDA berbasis Outdoor Learning layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran SBdP untuk meningkatkan hasil belajar motorik siswa kelas II Sekolah Dasar. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media yang lebih baik dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu kuartet DIKDA; gerak keseharian dan alam; Outdoor Learning; SBdP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:53
Last Modified: 10 Sep 2021 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45906

Actions (login required)

View Item View Item