PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MAWAR KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES


Septian Murdany, 1401416172 (2020) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MAWAR KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MAWAR KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES] PDF (PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MAWAR KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan sistematis, yang bertujuan untuk mengarahkan siswa agar memiliki sifat dan berperilaku sesuai dengan cita-cita pendidikan. Sifat dan perilaku tersebut merupakan hasil belajar yang diharapkan setelah melakukan kegiatan belajar. Meskipun demikian, tidak semua siswa memiliki hasil belajar yang diinginkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum penelitian, diperoleh informasi bahwa disiplin dan motivasi belajar siswa masih cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD se-Gugus Mawar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 294 siswa dengan sampel penelitian 167 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Angket uji coba diberikan kepada 30 siswa sebagai sampel uji coba untuk menguji validitas dan reliabilitas tiap item pernyataan. Pengujian hipotesis penelitian terdiri dari analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis kolerasi ganda, analisi regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan uji F. Berdasarkan hasil penghitungan statistik menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (23,274 > 1,974); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (21,387 > 1,974); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel (6,863 > 1,974 dan 4,682 > 1,974) dan Fhitung > Ftabel (316,146 > 3,051). Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis dan hasil pembahasan yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD se-Gugus Mawar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Diharapkan siswa, guru dan sekolah bekerjasama untuk meningkatkan disiplin dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Diharapkan juga peneliti lain dapat menemukan faktor lain yang memengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:18
Last Modified: 10 Sep 2021 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45904

Actions (login required)

View Item View Item