KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR ILUSTRASI MATA PELAJARAN SBdP KELAS V SDN TEGALWANGI 01 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Rohmatul Indrawati, 1401416308 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR ILUSTRASI MATA PELAJARAN SBdP KELAS V SDN TEGALWANGI 01 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR ILUSTRASI MATA PELAJARAN SBdP KELAS V SDN TEGALWANGI 01 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL] PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI GAMBAR ILUSTRASI MATA PELAJARAN SBdP KELAS V SDN TEGALWANGI 01 KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran SBdP materi gambar ilustrasi adalah mengandung banyak penjelasan, sehingga perlu menggunakan media video animasi yang memberi kesan menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kefektifan media video animasi dibandingkan dengan media gambar pembelajaran SBdP materi gambar ilustrasi di kelas V SDN Tegalwangi 01 Kabupaten Tegal. Jenis Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, lembar observasi pengamatan, dan tes. Teknik analisis data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir menggunakan uji-t yaitu Independent samples t-test dan uji pihak kanan one sample t-test diolah menggunakan SPSS versi 21. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Tegalwangi 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 46 siswa, 24 siswa kelas eksperimen dan 22 siwa kelas kontrol dengan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis perbedaan menggunakan rumus independent samples ttest data motivasi belajar siswa diperoleh thitung>ttabel (5,081 > 1,682) dan hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (2772> 1,682). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar berbasis media video animasi di kelas eksperimen dan media gambar di kelas kontrol. Hipotesis keefektifan menggunakan one sample t-test data motivasi belajar diperoleh thitung>ttabel ttabel (3,950 > 2,068) dan hasil belajar thitung>ttabel (2,166 > 2,068). Jadi dapat disimpulkan bahwa media video animasi efektif ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Guru yang hendak menerapkan media video animasi dalam proses pembelajaran perlu memerhatikan beberapa hal, salah satunya yaitu aplikasi khusus yang digunakan dalam pembuatan media video animasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar SBdP, media video animasi, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:14
Last Modified: 10 Sep 2021 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45903

Actions (login required)

View Item View Item