PEMBELAJARAN SBDP KELAS V SD NEGERI MARGADANA 03 KOTA TEGAL


RIZKA MEIDA AMBARWATI, 1401416185 (2020) PEMBELAJARAN SBDP KELAS V SD NEGERI MARGADANA 03 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SBDP KELAS V SD NEGERI MARGADANA 03 KOTA TEGAL] PDF (PEMBELAJARAN SBDP KELAS V SD NEGERI MARGADANA 03 KOTA TEGAL)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya seni rupa. Meliputi proses pembelajaran, faktor penghambat pembelajaran, dan faktor pendukung pembelajaran SBdP dalam Kurikulum 2013 kelas V SD Negeri Margadana 03 Kota Tegal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis sendiri. Penulis mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability yang mana merupakan teori dari Sugiyono (2016). Dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan bentuk analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Hubeberman. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) proses pembelajaran SBdP kelas V SD Negeri Margadana 03 Kota Tegal. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran SBdP dalam Kurikulum 2013 kelas V SD Negeri Margadana 03 Kota Tegal. Faktor penghambatnya antara lain: tidak sesuainya antara materi ajar dengan kondisi guru; Media pembelajaran tematik masih bersifat nasional; dan keterbatasan waktu pembelajaran. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran SBdP dalam Kurikulum 2013 kelas V SD Negeri Margadana 03 Kota Tegal. Faktor pendukung pembelajaran SBdP antara lain: peserta didik; Guru; dan keterlibatan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Budaya, Seni Rupa, Kurikulum, Penelitian Kualitatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:08
Last Modified: 10 Sep 2021 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45902

Actions (login required)

View Item View Item