HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL


Rima Rizkianida, 1401416342 (2020) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL] PDF (HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS RADEN SALEH KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa menjadi salah satu penentu keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah yang kurang kondusif sehingga menyebabkan siswa untuk munculnya faktor internal yaitu minat belajar jika minat belajar siswa baik maka akan baik pula hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang dianalisis dalam penelitian ini sebereapa besar hubungan antara : 1) lingkungan sekolah dengan hasil belajar muatan IPS; 2) minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS;, 3) lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS. Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji adanya hubungan antar : 1) lingkungan sekolah dengan hasil belajar muatan IPS; 2) minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS; 3) lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan sampel sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket untuk variabel lingkungan sekolah dan minat belajar, serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar IPS. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Setelah data normal dan linier peneliti menggunakan analisis statistic deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji signifikansi, dan koefisien uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar muatan IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,711 termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval 0,60-0,799 dengan kontribusi 50,6%. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,755 termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval 0,60-0,799 dengan kontribusi 57%. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,782 termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval 0,60-0,799 dengan kontribusi 61,2%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SDN Gugus Raden Saleh Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Saran bagi guru diharapkan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif saat proses pembelajaran dengan menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menarik yang dapat menumbuhkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah, minat belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:04
Last Modified: 10 Sep 2021 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45894

Actions (login required)

View Item View Item