PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP POWER TUNGKAI (Eksperimen Pada Atlet Putra Klub Bolavoli Bina Taruna Usia 13-15 Tahun Kota Semarang Tahun 2019)


Lucia Endah Purnamasari Putri, 6301414050 (2020) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP POWER TUNGKAI (Eksperimen Pada Atlet Putra Klub Bolavoli Bina Taruna Usia 13-15 Tahun Kota Semarang Tahun 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP POWER TUNGKAI (Eksperimen Pada Atlet Putra Klub Bolavoli Bina Taruna Usia 13-15 Tahun Kota Semarang Tahun 2019)] PDF (PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLYOMETRIC DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP POWER TUNGKAI (Eksperimen Pada Atlet Putra Klub Bolavoli Bina Taruna Usia 13-15 Tahun Kota Semarang Tahun 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk: 1) mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan Plyometric Jump to Box dan Depth Jump terhadap Power Tungkai. 2) mengetahui perbedaan pengaruh antara atlet yang memiliki tungkai panjang dan tungkai pendek terhadap Power tungkai. 3) mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan Plyometric dan panjang tungkai terhadap Power. Penelitian Eksperimen ini menggunakan desain 2x2. Sampel pada penelitian ini yaitu atlet Bina Taruna yang berjumlah 20 anak. Pembagian ini menggunakan cara ordinal pairing yaitu menggunakan metode A-B-B-A. instrumen tes yaitu vertical jump. Analisis data menggunakan ANOVA. Hasil penelitian ini yaitu 1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan plyometric jump to box dan depth jump terhadap power tungkai dengan nilai signifikan 0,006 lebih kecil dari 0,05. 2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet yang memiliki tungkai panjang dan tungkai pendek terhadap power tungkai dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. 3) ada interaksi antara latihan plyometric dan panjang tungkai terhadap power tungkai dengan nilai signifikan 0,03 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) latihan plyometric jump to box memiliki pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan power tungkai, (2) atlet yang memiliki tungkai panjang terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan power tungkai, (3) ada pengaruh interaksi antara latihan plyometric dan panjang tungkai terhadap power tungkai. Saran: atlet yang memiliki tungkai pendek mempunyai hasil yang lebih baik jika diberi latihan plyometric jump to box, sedangkan atlet yang memiliki tungkai panjang mempunyai hasil yang lebih baik apabila diberikan latihan plyometric depth jump.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Plyometric Jump to Box, Depth Jump, Power Tungkai.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Danang Prasetya perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:53
Last Modified: 10 Sep 2021 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45893

Actions (login required)

View Item View Item