PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT MOLASES


Afrizal Mai Mutaqin, 5213416047 (2020) PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT MOLASES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT MOLASES] PDF (PRODUKSI BIOPELET BERBAHAN BAKU ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN BAKAR KOMPOR VORTEX DENGAN VARIASI PEREKAT MOLASES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Energi tak terbarukan ketersediannya sangat terbatas sehingga apabila energi ini habis maka tidak dapat diperbarui kembali. Perlu adanya energi terbarukan untuk mengatasi masalah ini. Biopelet adalah salah satu bahan bakar terbarukan yang berasal dari biomassa. Eceng gondok (Eichornia crassipes) merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang mengapung/gulma yang dapat tumbuh dengan cepat (3%/ hari) pada permukaan air/rawa. Eceng gondok memiliki kandungan selulosa yang cukup tinggi dapat memberikan nilai kalor yang cukup baik sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan bahan bakar alaternatif. Tujuan dari penelitian ini mengamati karakteristik (kadar air, kadar abu, tensile strength, kadar CHNS, dan nilai kalor) serta pengaruh konsentrasi perekat terhadap biopelet eceng gondok yang dihasilkan. Penelitian ini memanfaatkan eceng gondok dalam produksi biopelet sebagai bahan bakar kompor vorteks dengan menggunakan perekat molases dengan konsentrasi 5%, 10%, 15%, dan 20%. Hasil uji menunjukkan persentase kadar air terendah sebesar 9,565% pada campuran 20% molases. Dari hasil penelitian ini menunjukkan semakin tinggi persentase perekat memberi dampak semakin kuat biopelet dilihat dari nilai tensile strength yang dihasilkan dan kadar abu cenderung menurun. Pada hasil uji ultimat juga menunjukkan persentase karbon pada campuran molases 5% sebesar 34,63%. Sedangkan nilai kalor tertinggi didapatkan pada campuran perekat molases dengan konsentrasi 5% yaitu sebesar 4064,301 kal/gr.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: biopelet, eceng gondok, molases, nilai kalor
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2021 00:58
Last Modified: 10 Sep 2021 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45883

Actions (login required)

View Item View Item