BUDIDAYA Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE


Erma Nurunia, 5213416046 (2020) BUDIDAYA Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BUDIDAYA Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE] PDF (BUDIDAYA Chlorella pyrenoidosa DALAM MEDIA AIR DAN VINASSE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

unyai kadar karbohidrat yang cukup tinggi yang bisa diperbaharui sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bioetanol. Penggunaan nutrisi pada media air tawar dapat mengalami pembengkan biaya operasioanl, sehingga diperlukan limbah vinasse yang kaya akan nutrisi seperti N, P, K, S, Si dan Zn. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mempelajari pengaruh media air dan vinasse terhadap ukuran sel, pertumbuhan dan pengaruh media vinasse terhadap kadar karbohidrat mikroalga. C. pyrenoidosa dibudidayakan pada media air tawar dengan tambahan nutrisi 2 hari sekali dan vinasse dengan rasio 30% v/v, pencahayaan 3.280 lumens, aerasi dengan udara, dan nutrisi guillard. Pengukuran sel diukur dengan metode spektrofotometer. Dalam karakterisasi biomassa hasil budidaya dilakukan dengan FTIR. Dalam uji lignoselulosa menggunakan metode Chesson-Data. Ukuran sel pada C. pyrenoidosa dalam limbah vinasse lebih besar dibandingkan dengan media air vinasse yaitu 4,8-6,1 m sedangkan pada media air tawar ukuran sel lebih kecil yaitu 3 m. Ukuran sel pada media vinasse baik untuk dijadikan alternatif dalam budidaya mikroalga untuk pengembangan bioetanol generasi ketiga. Media vinasse cocok digunakan untuk media budidaya C. pyrenoidosa karena memiliki kandungan nutrisi alami yang dapat meningkatkan pertumbuhan mikroalga. Media air dengan penambahan nutrisi lebih baik daripada menggunakan media limbah vinasse Komposisi kandungan ligoselulosa dalam media vinasse yang terkandung yaitu hemiselulosa 48,068%, selulosa sebesar 12,264%, lignin sebesar 7,627%. Dalam meningkatkan ukuran sel yang lebih besar maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai budidaya dalam media vinasse menggunakan penambahan nutrisi serta intensitas cahaya yang perlu ditingkatkan dalam proses fotosintesis mikroalga. Oleh karena itu, pemanfaatan vinasse sebagai media budidaya akan lebih baik bila ditambah nutrisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: C. pyrenoidosa, pertumbuhan, mikroalga, media air, media vinasse
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2021 00:52
Last Modified: 10 Sep 2021 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45882

Actions (login required)

View Item View Item