PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA BERDASARKAN INVESTASI, PDRB, UMP, DAN IPM TAHUN 2014 - 2018


Retyan Satria Jati, 7111415110 (2020) PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA BERDASARKAN INVESTASI, PDRB, UMP, DAN IPM TAHUN 2014 - 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA BERDASARKAN INVESTASI, PDRB, UMP, DAN IPM TAHUN 2014 - 2018] PDF (PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA BERDASARKAN INVESTASI, PDRB, UMP, DAN IPM TAHUN 2014 - 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Penyerapan Tenaga Kerja, Investasi, PDRB, UMP, IPM Kesejahteraan masyarakat merupakan hal yang diinginkan oleh pemerintah maupun masyarakat. Salah satu faktor yang dapat melihat tercapainya kesejahteraan masyarakat adalah dari terpenuhinya para pencari kerja. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingginya penyerapan tenaga kerja, diantara lain yaitu investasi, PDRB, UMP,dan IPM. Tingginya penyerapan tenaga kerja selama 5 tahun terakhir tidak sebanding dengan jumlah Angkatan kerja yang terus meningkat, meskipun UMP, PDRB, dan IPM terus mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh investasi, PDRB, UMP, dan IPM terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia tahun 2014-2018. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengginakan data panel selama periode 2014-2018 di 32 Provinsi di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel model fixed effect dengan Generealized least square (GLS). Variabel dependen yang digunakan adalah jumlah orang yang bekerja. Variabel independen yang digunakan terdiri dari investasi, PDRB, UMP, dan IPM. Hasil penelitian ini menunjukkan investasi tidak berpengaruh signifikan, PDRB berpengaruh positif secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, UMP berpengaruh negatif secara signifikan terhadap peyerapan tenaga kerja di Indonesia, IPM berpengaruh positif secara signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Sebaiknya pemerintah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara memberikan pelatuhan kerja bagi masyarakat, Pemerintah diharapkan mampu mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan akumulasi modal dalam negeri dan memenuhi kebutuhan infrastuktur agar meningkatkan investasi di Indonesia. Pemerintah diharapkan menciptakan kebijakan upah yang tepat agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penyerapan Tenaga Kerja, Investasi, PDRB, UMP, IPM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 16:06
Last Modified: 09 Sep 2021 16:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45873

Actions (login required)

View Item View Item