STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN


Muhamad Rifqi, 7111413035 (2020) STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN] PDF (STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK DI KOTA PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Batik, Kota Pekalongan, SWOT Perkembangan globalisasi dunia dan munculnya negara pesaing baru, seperti China, Vietnam, Malaysia, dan lainnya menantang industri batik Kota Pekalongan. Nilai ekspor batik di Kota Pekalongan tidak stabil dari tahun ketahun. Daya beli masyarakat terhadap produk kerajinan batik turun dan berpengaruh terhadap penurunan produksi batik.Tujuan peneletian ini yaitu : (1)untuk mengetahui dan menganalisis kondisi usaha batik di Kota Pekalongan. (2)untuk merumuskan strategi dalam peningkatan daya saing industri batik di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Kota Pekalongan. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 industri batik yang ada di Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan SWOT. Saran yang peneliti berikan yaitu (1)pemilik usaha harus memberikan pelatihan dan melakukan regenerasi kepada karyawan untuk mengembangkan keahlian. (2)menambah peralatan produksi seperti mesin, untuk mengatasi permintaan produk. Memperbaiki kualitas dan menambah jenis produk untuk mengatasi para pesaing lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Batik, Kota Pekalongan, SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 15:16
Last Modified: 09 Sep 2021 15:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45867

Actions (login required)

View Item View Item