PENGARUH MINAT MENJADI GURU, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 2016


Yulanda Safira Husna, 7101416326 (2020) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT MENJADI GURU, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 2016] PDF (PENGARUH MINAT MENJADI GURU, LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 2016) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Locus of Control Internal, Praktik Pengalaman Lapangan, Kesiapan Menjadi Guru Berdasarkan data tracer study tahun 2016-2019 kesiapan mahasiswa menjadi guru Program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial minat menjadi guru, locus of control internal, Praktik Pengalaman Lapangan terhadap kesiapan menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Perkantoran yang berjumlah 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sample jenuh. Sampel yang ditetapkan seluruh mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan minat menjadi guru, locus of control internal, program pengalaman lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 27,2% dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Secara persial pengaruh minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 14,6% dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Pengaruh locus of control internal terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 9,19% dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Pengaruh program pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 3,13% dengan taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh secara simultan minat menjadi guru, locus of control internal, dan Praktik Pengalaman Lapangan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru pogram studi Administrasi Perkantoran angkatan 2016 2) terdapat pengaruh secara parsial minat menjadi guru terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru program studi Administrasi Perkantoran 2016 3) terdapat pengaruh secara parsial locus of control internal terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru program studi Administasi Perkantoran 2016 4) terdapat pengaruh secara parsial PPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru program studi Administrasi Perkantoran 2016. Saran dari penelitian ini adalah: 1) mahasiswa lebih meningkatkan minat untuk menjadi guru 2) Sebaiknya mahasiswa meningkatkan locus of control internal pada diri masing-masing agar muncul kepribadian kesiapan menjadi guru. 3) Selain itu, mahasiswa diharapkan agar memanfaatkan kegiatan PPL dengan sungguh-sungguh yang dapat menunjang kesiapannya untuk menjadi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Locus of Control Internal, Praktik Pengalaman Lapangan, Kesiapan Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 15:13
Last Modified: 09 Sep 2021 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45866

Actions (login required)

View Item View Item