PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD SE-GUGUS RAJAWALI KOTA PEKALONGAN


Pratiwi Rizky Yuliyanti, 1401416131 (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD SE-GUGUS RAJAWALI KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD SE-GUGUS RAJAWALI KOTA PEKALONGAN] PDF (PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SD SE-GUGUS RAJAWALI KOTA PEKALONGAN)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan merupakansikap yang dimiliki oleh setiap siswa yang diharapkan segala kegiatannya dapat terlaksana dengan baik. Faktor yang dapat memengaruhi kedisiplinan siswa diantaranya pola asuh orangtua dan minat belajar. Pemberian pola asuh orangtua yang baik kepada anak akan menjadikan anak mematuhi aturan sehingga anak dapat bersikap disiplin dalam mematuhi peraturan dan tata tertib di rumah, sekolah atau masyarakat. Begitu juga dengan minat belajar, apabila siswa dalam proses pembelajaran memiliki minat yang tinggi, maka siswa tersebut memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Se-Gugus Rajawali Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah186 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 130 siswa yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin dan Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut menggunakan skala likert 4 untuk pola asuh orangtua, minat belajar dan kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan dengan hasil penelitian diperoleh thitung >ttabel yaitu 4,987 > 1,979. Persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan sebesar 16,3% (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kedisiplinan dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,114>1,975. Persentase sumbangan pengaruh minat belajar terhadap kedisiplinan sebesar 28,3%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap kedisiplinan dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 25,555 > 3,068. Persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap kedisiplinan sebesar 28,7%. (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua dengan minat belajar dengan hasil penelitian diperoleh 0,674 dan 1, karena koefisien mendekati angka 1 itu artinya antara pola asuh orangtua dengan minat belajar memiliki hubungan yang erat. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orangtua dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Se-Gugus Rajawali Kota Pekalongan. Saran dari peneliti, guru maupun orangtua hendaknya memerhatikan dan membimbing siswa dalam mengembangkan minat belajar sehingga siswa dapat memiliki kedisiplinan yang tinggi terutama dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Minat Belajar, Kedisiplinan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:43
Last Modified: 09 Sep 2021 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45865

Actions (login required)

View Item View Item