PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN PEMALANG


Naila Maziyah, 1401416195 (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN PEMALANG] PDF (PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DEWI SARTIKA KECAMATAN PEMALANG)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten, sehingga mampu bersaing dengan negara lain. Belajar merupakan kegiatan yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku positif. Dalam proses belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu efikasi diri dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kecamatan Pemalang. Metode penelitian menggunakan metode ex post facto. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari efikasi diri (X1), kemandirian belajar (X2), dan hasil belajar matematika (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling jenis simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dari 171 siswa, diperoleh sampel penelitian sejumlah 120 siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tiga teknik yaitu analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan thitung > ttabel (2,060 > 1,980) dan sumbangan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 3,5%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung > ttabel (2,205 > 1,980) dan sumbangan variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 4%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,516 > 3,074) dan besar sumbangan efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 5,7%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Gugus Dewi Sartika Kecamatan Pemalang. Disarankan pada pihak sekolah dan guru hendaknya dapat memberi bimbingan dan arahan untuk dapat meningkatkan efikasi diri dan kemandirian belajar, karena berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:22
Last Modified: 09 Sep 2021 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45863

Actions (login required)

View Item View Item