PENGARUH MODAL TENAGA KERJA DAN LUAS LAHAN TERHADAP PRODUKSI TEMBAKAU DI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG


Farida Pangestika, NIM 7101416321 (2020) PENGARUH MODAL TENAGA KERJA DAN LUAS LAHAN TERHADAP PRODUKSI TEMBAKAU DI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODAL TENAGA KERJA DAN LUAS LAHAN TERHADAP PRODUKSI TEMBAKAU DI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG] PDF (PENGARUH MODAL TENAGA KERJA DAN LUAS LAHAN TERHADAP PRODUKSI TEMBAKAU DI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Modal, Tenaga Kerja, Luas Lahan, Produksi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, tenaga kerja, dan luas lahan terhadap produksi tembakau di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Produksi yaitu kegiatan menghasilkan sejumlah output. Produksi adalah hasil yang diperoleh sebagai akibat dari bekerjanya faktor-faktor produksi yang meliputi sumber daya alam, modal, tenaga kerja, dan skill atau menejemen (pengelolaan). Masing-masing faktor produksi mempunyai fungsi yang berbeda dan saling terkait satu sama lain. Jika salah satu faktor produksi tidak tersedia maka proses produksi atau usaha tani tidak akan berjalan. Kecamatan Kledung merupakan salah satu kecamatan yang paling banyak memproduksi tembakau untuk Kabupaten Temanggung. Populasi penelitian ini adalah seluruh petani tembakau di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda melalui program SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel modal, tenaga kerja dan luas lahan secara simultan berpengaruh terhadap produksi tembakau sebesar 95,2 %. Sedangkan secara parsial luas lahan berpengaruh paling besar terhadap produksi tembakau sebesar 22,50%, tenaga kerja berpengaruh sebesar 6,00%, dan modal berpengaruh terhadap produksi tembakau sebesar 16,04%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modal, tenaga kerja dan luas lahan mampu meningkatkan produksi tembakau di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Saran yang diberikan bagi petani tembakau adalah lebih mengoptimalkan penggunaan faktor produksi untuk mencapai dan meningkatkan hasil produksi. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji penelitian tentang produksi tembakau menggunakan variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modal, Tenaga Kerja, Luas Lahan, Produksi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:16
Last Modified: 09 Sep 2021 05:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45861

Actions (login required)

View Item View Item