PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA KENDAL


Rani Novitasari, NIM 7101416300 (2020) PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA KENDAL] PDF (PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK YAYASAN PEMBINAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT (YPPM) BOJA KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Kewirausahaan, Daring. Salah satu solusi untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan menciptakan seorang wirausaha pada siswa SMK dengan melalui pembelajaran kewirausahaan. Upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Indonesia mengakibatkan pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan daring, hambatan-hambatan yang dihadapi saat pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan daring dan strategi dari hambatan yang terkait saat pembelajaran kewirausahaan daring di SMK YPPM Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner dengan skala Likert, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran kewirausahaan dan seluruh siswa kelas 12 SMK YPPM Boja berjumlah 50 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan secara daring dengan menyusun perencanaan dan pelaksanaan, perencanaannya yaitu membuat materi, tugas dan soal evaluasi, sedangkan pelaksanaannya yaitu membagikan materi dan tugas ke grup WhatsApp dan Moodle menunjukkan hasil yang tidak efektif. (2) Hambatan yang muncul saat pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan daring bagi siswa adalah siswa tidak siap, tidak senang, tidak tertarik pembelajaran kewirausahaan daring, kurang paham media pembelajaran online, jaringan internet tidak memadai, sulit mencari sumber belajar, tidak didampingi, siswa tidak dapat konsentrasi, siswa merasa malas, bosan saat pembelajaran kewirausahaan daring dan setelah pembelajaran kewirausahaan daring siswa tidak senang membaca buku. Sedangkan hambatan bagi guru adalah guru kesulitan mencari nilai siswa karena masih banyak yang tidak mengumpulkan tugas. (3) Strategi untuk mengurangi hambatan adalah guru melakukan home visit. Menunjukkan hasil yang sangat efektif dan berjalan lancar karena mengurangi sangat membantu memecahkan kesulitan belajar siswa di rumah dan kesulitan guru yang dihadapi saat pembelajaran kewirausahaan secara daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran, Kewirausahaan, Daring.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:10
Last Modified: 09 Sep 2021 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45859

Actions (login required)

View Item View Item