PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT (RUMAH ILMU) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ifan Alfatah, NIM 7101416294 (2020) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT (RUMAH ILMU) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT (RUMAH ILMU) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN PUSAT (RUMAH ILMU) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Fasilitas Perpustakaan, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan Pelayanan adalah salah satu hal penting dalam kegiatan yang bersifat jasa. Kualitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagai landasan awal bagi terwujudnya peningkatan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya ketidakpuasan terhadap pelayanan di Perpustakaan Pusat (Rumah Ilmu) UNNES dilihat dari observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti dan ditambah dari data Perpustakaan UNNES yang diolah tahun 2018 yang menunjukkan penurunan jumlah pengunjung dari tahun 2014 sampai 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh budaya organisasi, fasilitas perpustakaan, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Pusat (Rumah Ilmu) Universitas Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan desain pengujian hipotesis yang bersifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh yang pernah mengunjungi perpustakaan pusat (Rumah Ilmu) Universitas Negeri Semarang tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling dan dengan menggunakan rumus iterasi didapatkan responden dengan jumlah 116 pengunjung. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = 4,724 + 0,464X1 + 1,364X2 + 0,036X3 + e. Hasil menunjukkan bahwa budaya organisasi, fasilitas perpustakaan, dan kompetensi pegawai berpengaruh positif secara simultan terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan pusat (Rumah Ilmu) Universitas Negeri sebesar 39,8%. Pengaruh paling besar diberikan oleh variabel fasilitas perpustakaan yaitu sebesar 36,36%, sedangkan budaya organisasi berpengaruh sebesar 6,10% dan pengaruh paling kecil diberikan oleh variabel kompetensi pegawai yaitu sebesar 0,08%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh budaya organisasi dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan pusat (Rumah Ilmu) Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan adalah: 1) Pegawai perpustakaan sebaiknya melakukan seminar dan pembelajaran dengan pihak kampus mengenai sistem yang terbaru di perpustakaan, 2) Fasilitas perpustakaan hendaknya dilengkapi seperti penambahan rak sepatu di ruang baca dan memperbarui koleksi skripsi, 3) Pegawai tetap memberikan pelayanan sesuai bidang dan posisi kerja

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Budaya Organisasi, Fasilitas Perpustakaan, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:05
Last Modified: 09 Sep 2021 05:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45857

Actions (login required)

View Item View Item