PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK PALEBON SEMARANG


Kautsar Irbah Falah Akbar, NIM 7101416293 (2021) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK PALEBON SEMARANG] PDF (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMK PALEBON SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Kedisiplinan Guru, Kepala Sekolah, Peran Kepemimpinan Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peran untuk mengarahkan dan membina segenap warga sekolah khususnya para guru untuk bertindak sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil wawancara, kepala sekolah SMK Palebon Semarang melakukan pengawasan supervisi dengan memanfaatkan teknologi berupa CCTV, sehingga dengan adanya teknologi tersebut memudahkan kepala sekolah dalam melaksanakan peran pengawasan. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMK Palebon Semarang, 2) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMK Palebon Semarang, dan 3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengatasi hambatan guna meningkatkan kedisiplinan guru di SMK Palebon Semarang. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif diterapkan pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada teori Miles & Huberman melalui pengumpulan data dan reduksi data yang disajikan guna menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SMK Palebon Semarang yakni melaksanakan program pembinaan kedisiplinan, memberikan motivasi, membangun kelompok kerja yang aktif dan komunikatif, dan memberikan contoh sikap serta perilaku yang dapat dijadikan teladan oleh para guru. Sedangkan hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru yaitu kurangnya disiplin kerja dan partisipasi guru, serta komunikasi guru dengan kepala sekolah yang belum maksimal. Maka dari itu, upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengatasi hambatan yang dihadapi tersebut yakni dengan melaksanakan pembinaan disiplin kerja, menjalin komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru, dan memberikan motivasi. Simpulan dari penelitian ini adalah peran yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru selama pandemi belum berjalan secara efektif, karena kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara online. Saran dapat yang diberikan yaitu: 1) Pembinaan kedisiplinan perlu dipertahankan dan ditingkatkan, 2) Membangun komunikasi yang baik selama pandemi, dan 3) Memberi motivasi lebih dengan cara mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan keterampilan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kedisiplinan Guru, Kepala Sekolah, Peran Kepemimpinan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:02
Last Modified: 09 Sep 2021 05:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45856

Actions (login required)

View Item View Item