ANALISIS PENERIMAAN LAYANAN ONLINE PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fitria Febriani, NIM 7101416279 (2021) ANALISIS PENERIMAAN LAYANAN ONLINE PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENERIMAAN LAYANAN ONLINE PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (ANALISIS PENERIMAAN LAYANAN ONLINE PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Penerimaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Technology Acceptance Model. Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Universitas Negeri Semarang merupakan perguruan tinggi yang telah menerapkan sistem informasi untuk menunjang kegiatan akademik, salah satunya yaitu layanan online perpustakaan di Fakultas Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap penerimaan pengguna. Model yang digunakan dalam menganalisis penerimaan penggunannya yaitu TAM yang diperkenalkan oleh Fred D. Davis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2016, 2017, 2018 dan 2019 berjumlah 3.643 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling menggunakan rumus slovin, didapatkan 97 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier berganda adalah Y= 8,127 + 0,271 X1 + 0,44 X2 + e. besarnya pengaruh secara simultan persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penerimaan pengguna layanan online perpustakaan sebesar 60,10%. Variabel persepsi kegunaan memberikan pengaruh sebesar 13,47% sedangkan variabel persepsi kemudahan penggunaan memberikan pengaruh sebesar 29,92%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap penerimaan pengguna. Saran peneliti yaitu pengembang sistem diharapkan dapat melakukan pemeriksaan berkala untuk optimalisasi sistem layanan online perpustakaan, pengelola perpustakaan diharapkan dapat mensosialisasikan kepada mahasiswa terkait adanya layanan online perpustakaan, sehingga sistem tersebut dapat lebih dikenal dan digunakan oleh mahasiswa, mahasiswa dapat menggunakan layanan online perpustakaan secara mandiri dan maksimal, sehingga dapat merasakan kemudahan layanan yang telah disediakan oleh perpustakaan dan dapat melakukan proses peminjaman maupun pemasanan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penerimaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Technology Acceptance Model.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:56
Last Modified: 09 Sep 2021 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45854

Actions (login required)

View Item View Item