PENGARUH FRAMING EFFECT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Muhammad Saiful Arbi, 1511415066 (2020) PENGARUH FRAMING EFFECT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FRAMING EFFECT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH FRAMING EFFECT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pengambilan keputusan yang baik menjadi salah satu kemampuan esensial yang dibutuhkan pada era saat ini. Ketersediaan informasi berupa quantifier yang rentan menyebabkan bias berupa framing effect, menjadi salah satu faktor pengaruh kualitas pengambilan keputusan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh framing effect terhadap pengambilan keputusan pada mahasiswa di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain faktorial between-subjects. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang dengan melibatkan 60 mahasiswa aktif sebagai subjek penelitian dan membagi ke dalam 6 kelompok dengan randomisasi. Pengukuran dilakukan menggunakan 6 kasus eksperimen dengan koefisien reliabilitas McDonald's ω sebesar 0.804. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa framing effect berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, dibuktikan dengan pengujian ANOVA sebesar 0.032 (p<0.05). Quantifier tidak terbukti berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.980 (p>0.05). Sedangkan Framing Effect dan Quantifier secara bersama-sama juga tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.923 (p>0.05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: framing effect, pengambilan keputusan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:42
Last Modified: 09 Sep 2021 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45853

Actions (login required)

View Item View Item