PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN DEMAK


Mira Amalia Setyani, 1401416354 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN DEMAK] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG KABUPATEN DEMAK)
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas V SD N Gugus Sultan Agung diketahui bahwa tidak ada media ajar yang digunakan pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media komik matematika berbasis mind mapping pada materi kecepatan dan debit kelas 5 sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) menurut Sugiyono terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan uji pemakaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N Gugus Sultan Agung. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan dapat menarik minat siswa untuk belajar dan menciptakan suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan. Media komik berbasis mind mapping layak digunakan terbukti dengan penilaian ahli materi, media, dan bahasa didapatkan persentase 86%, 87%, dan 88%. Media komik berbasis mind mapping efektif digunakan hasil uji t kegiatan uji coba produk menunjukkan t hitung > t tabel (-11.650 <1,730) dan uji pemakaian menunjukkan t hitung > t tabel (-15,274 < 1,700), pada uji coba produk diperoleh n gain sebesar 0,57, uji pemakaian diperoleh n gain sebesar 0,54, keduanya memenuhi kriteria sedang mendukung keefektifan media pembelajaran Simpulan penelitian adalah media pembelajaran komik matematika berbasis mind mapping berhasil dikembangkan dengan mengadaptasi 7 dari 10 langkah model pengembangan Sugiyono, media pembelajaran sangat layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu media komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V SD, dan dalam mengembangkan media pembelajaran, sebaiknya memperhatikan kebutuhan dan permasalahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; komik; mind mapping; matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:12
Last Modified: 09 Sep 2021 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45849

Actions (login required)

View Item View Item