PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KANTOR, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN GUNUNGPATI
Ade Putri L Karimah, NIM 7101416271 (2020) PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KANTOR, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH DISIPLIN KERJA, FASILITAS KANTOR, DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KECAMATAN GUNUNGPATI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Disiplin Kerja, Fasilitas Kantor, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan. Pelayanan adalah salah satu hal yang penting dalam kegiatan yang bersifat jasa. Kualitas dalam penyelenggaraan pelayanan public sebagai landasan awal bagi terwujudnya peningkatan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Peran pelayanan akan lebih besar apabila kegiatan-kegiatan jasa pada masyarakat itu terdapat persaingan, tantangan guna mencapai efektivitas dan efesiensi dalam penyelenggaraan tugas organisasi atau pemerintah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya ketidakpuasaan terhadap pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati dilihat dari observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin kerja, fasilitas kantor dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Kantor Kecamatan Gunungpati tahun 2020. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan menggunakan rumus iteracy, didapatkan responden sejumlah 116 pengunjung. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Sementara metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persamaan regresi linier berganda adalahY=-2,084+0,291X1+0,258X2+0,323X3+e. Besarnya pengaruh secara simultan antara disiplin kerja, fasilitas kantor dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati sebesar 60,4%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar yaitu sebesar 15,44%, sedangkan kompetensi pegawai berpengaruh sebesar 12,74% dan pengaruh paling kecil diberikan oleh variabel fasilitas kantor yaitu sebesar4,88%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh disiplin kerja, fasilitas kantor dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Gunungpati secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah 1) pimpinan harus memiliki kesadaran diri, dengan cara masuk kerja dengan tepat waktu, 2) fasilitas kantor hendaknya lebih dilengkapi seperti adanya penambahan jumlah komputer, 3) dilakukan diklat dan seminar tentang pelayanan publik, dan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Disiplin Kerja, Fasilitas Kantor, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:09 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45848 |
Actions (login required)
View Item |