HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA


Maulina Anisha Rahmadhani, 1401416271 (2020) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA] PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhailan pelaksanaan pendidikan. Kecerdasan emosional dan literasi digital merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi di kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, diketahui permasalahan bahwa hasil belajar IPS siswa masih rendah ditandai dengan adanya tingkat ketuntasan kurang dari 75%. Selain itu, kecerdasan emosional dan literasi digital siswa berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan literasi digital dengan hasil belajar IPS; (3) menguji hubungan kecerdasan emosional dan literasi digital dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 112 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas), uji hipotesis (analisis korelasi sederhana diikuti uji determinasi, analisis korelasi ganda diikuti uji determinasi, regresi linear sederhana dan regresi ganda). Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS dengan rhitung= 0,350 (kategori rendah) dan berkontribusi sebesar 12,22%; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara literasi digital dengan hasil belajar IPS dengan rhitung= 0,438 (kategori sedang) dan berkontribusi sebesar 19,18%; (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan literasi digital secara bersama – sama dengan hasil belajar IPS dengan rhitung= 0,489 (kategori sedang) dan Fhitung= 17,150 serta berkontribusi sebesar 23,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan literasi digital dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Saran bagi sekolah, guru, dan orang tua hendaknya dapat membangkitkan dan meningkatkan kecerdasan emosional dan literasi digital siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional; literasi digital; hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:54
Last Modified: 09 Sep 2021 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45844

Actions (login required)

View Item View Item