PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI , LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL) KABUPATEN KLATEN


Desy Ratna Kusuma, NIM 7101416246 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI , LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL) KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI , LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL) KABUPATEN KLATEN] PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI , LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DUKCAPIL) KABUPATEN KLATEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi Pegawai, Lingkungan Kerja Fisik, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seorang birokrasi pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Pelayanan publik juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa kualitas pelayanan di Dukcapil Kabupaten Klaten belum tercapai dengan maksimal atau sesuai harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik, dan komunikasi interpersonal, terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang mendapat layanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan 115 responden yang dianalisis sebagai sampel menggunakan rumus iterasi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan aplikasi dengan bantuan IBM SPSS Statistic for Windows Release 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda dengan persamaan yaitu Y = 39,982 + 0,121 X1 + 0,175 X2 + 0,100 X3 + e. Besarnya pengaruh secara stimultan antara kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan yaitu sebesar 63,9%. uji parsial menghasilkan pengaruh kompetensi pegawai sebesar 16,9%, lingkungan kerja fisik sebesar 20,7%, dan komunikasi interpersonal sebesar 12,9%. Simpulannya adalah bahwa ada pengaruh secara positif dan signifikan kompetensi pegawai, lingkungan kerja fisik, dan komunikasi interpersonal terhadap kualitas pelayanan baik secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah 1) mengadakan pelatihan yang difokuskan sesuai dengan jabatan yang ada, 2) memaksimalkan fasilitas kerja yang sudah tersedia, 3) memberikan penyuluhan tentang pentingnya pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Pegawai, Lingkungan Kerja Fisik, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:55
Last Modified: 09 Sep 2021 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45842

Actions (login required)

View Item View Item