ANALISIS DAYA DUKUNG WISATA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA CELOSIA HAPPY & FUN DESA CANDI, KABUPATEN SEMARANG


Putri Ayu Sugiarti, 3211416035 (2020) ANALISIS DAYA DUKUNG WISATA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA CELOSIA HAPPY & FUN DESA CANDI, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI PUTRI AYU SUGIARTI JADI - putri ayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata di Desa Candi, Kabupaten Semarang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Beroperasinya objek wisata Celosia Happy & Fun adalah salah satu upaya untuk memanfaatkan potensi tersebut. Namun, sektor pariwisata dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, baik secara fisik maupun sosial. Untuk menghindari pengelolaan pariwisata yang melebihi kapasitasnya maka perlu diketahui berapa nilai daya dukung wisata dari objek wisata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai daya dukung wisata Celosia Happy & Fun, mengetahui persepsi wisatawan terhadap objek wisata Celosia Happy & Fun, serta strategi pengembangan objek wisata Celosia Happy & Fun. Lokasi dari penelitian ini adalah objek wisata Celosia Happy & Fun 2 seluas empat hektar beserta seluruh fasilitas dan atraksi wisata di dalamnya, serta 50 wisatawan yang menjadi responden. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif untuk menilai persepsi wisatawan mengenai tingkat kepuasan wisatawan, perhitungan nilai daya dukung fisik (PCC), daya dukung riil (RCC), dan daya dukung efektif (ECC) (Muta’ali, 2015:230) untuk mendapat nilai daya dukung wisata, dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan objek wisata. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai daya dukung wisata pada objek wisata Celosia Happy & Fun dalam kategori besar, dengan nilai daya dukung efektif sebesar 343 wisatawan/hari dan rata-rata kunjungan riil wisatawan sebesar 241 wisatawan/hari, artinya daya dukung wisata besar dan masih dapat dikembangkan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa 96% wisatawan merasa puas dan 4% wisatawan merasa sangat puas telah melakukan aktivitas pariwisata di objek wisata Celosia Happy & Fun. Berdasarkan analisis SWOT strategi pengembangan objek wisata Celosia Happy & Fun utama adalah strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Saran, perlu adanya edukasi kepada seluruh petugas yang bekerja pada objek wisata Celosia Happy & Fun mengenai pengembangan objek wisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Tujuannya adalah agar tidak terjadi pembangunan, pengembangan serta pengelolaan yang berpotensi merusak lingkungan. Penambahan jumlah fasilitas objek wisata. Serta upaya penataan dan penertiban terhadap parkir liar dan penyalahgunaan trotoar di sepanjang jalan menuju objek wisata Celosia Happy & Fun agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya Dukung Wisata, Tingkat Kepuasan Wisatawan, Strategi Pengembangan Objek Wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:37
Last Modified: 09 Sep 2021 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45840

Actions (login required)

View Item View Item