EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM TATA PERSURATAN DIGITAL (E-SURAT) DI KANTOR KECAMATAN SE-KOTA SEMARANG


Ghina Salsabila Pratami, NIM 7101416244 (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM TATA PERSURATAN DIGITAL (E-SURAT) DI KANTOR KECAMATAN SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM TATA PERSURATAN DIGITAL (E-SURAT) DI KANTOR KECAMATAN SE-KOTA SEMARANG] PDF (EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM TATA PERSURATAN DIGITAL (E-SURAT) DI KANTOR KECAMATAN SE-KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan surat, e-Surat, TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronik) Evaluasi implementasi sistem tata persuratan digital (e-Surat) di Kantor Kecamatan se-Kota Semarang mengambil tiga sampel yaitu di Kantor Kecamatan Gunungpati, Gajahmungkur, dan Mijen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan TNDE yang dilaksanakan di kantor kecamatan, yang mana dalam implementasinya ditemui beberapa permasalahan, seperti kurang efektif dan efisiennya pengelolaan surat karena masih menggunakan buku agenda dan saat pendistribusiannya, surat masih dalam bentuk cetak (kertas). Agar pelaksanaanya tepat sasaran, maka perlu dilakukan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e-Surat di Kantor Kecamatan se-Kota Semarang ditinjau dari Context, Input, Process, Product dengan model evaluasi CIPP. Model evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah model evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam dkk, model evaluasi ini terdiri dari empat komponen yaitu Context, Input, Process, dan Product. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 informan. Penentuan sumber data menggunakan teknik sampling gabungan antara snowball sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah: ditinjau dari evaluasi konteks bahwa program yang dilaksanakan berkaitan dengan kondisi lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, tujuan program, serta pentingnya program, komponen tujuan program belum sepenuhnya sesuai. Evaluasi masukan: sumber daya manusia, sarana dan prasarana, prosedur kerja dan pendanaan, ke empat komponen tersebut sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan. Evaluasi proses: pelaksanaan program, hambatan, dan upaya yang telah dilakukan, komponen pelaksanaan program belum sesuai dengan kriteria keberhasilan. Evaluasi produk: adanya perubahan positif yang dihasilkan dalam proses pengurusan surat-menyurat. Simpulan dalam penelitian ini bahwa implementasi sistem tata persuratan digital (e-Surat) sudah sesuai dengan pedoman yang ada, meskipun dalam pelaksanaannya belum dilaksanakan secara optimal. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah agar dilaksanakan monitoring dan evaluasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang selaku pembuat e-Surat supaya tidak lagi menggunakan kertas saat pendistribusian surat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengelolaan surat, e-Surat, TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronik)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:44
Last Modified: 09 Sep 2021 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45839

Actions (login required)

View Item View Item