PENGARUH PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN, EKSPEKTASI KARIER, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016


Isfina Amalia, NIM 7101416233 (2020) PENGARUH PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN, EKSPEKTASI KARIER, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN, EKSPEKTASI KARIER, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016] PDF (PENGARUH PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN, EKSPEKTASI KARIER, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 7101416233 - Isfina Amalia.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Minat Melanjutkan S2, Persepsi Biaya Pendidikan, Ekspektasi Karier, dan Motivasi. Pendidikan merupakan kebutuhan penting yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh setiap orang didalam suatu negara. Pendidikan dapat memperbaiki sumber daya manusia dan mencerdasakan kehidupan bangsa suatu negara. Pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas diupayakan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal, karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi biaya pendidikan, ekspektasi karier, dan motivasi terhadap minat melanjutkan studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah 316 mahasiswa angkatan 2016 jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes. Jumlah sampel sebanyak 177 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling menggunaan Proportional Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa minat melanjutkan S2, ekspektasi karier, dan motivasi dalam kategori tinggi, sedangkan persepsi biaya pendidikan dalam kategori cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, minat melanjutkan studi S2 dipengaruhi oleh persepsi biaya pendidikan (6%) dan motivasi (55,95%). Secara simultan variabel persepsi biaya pendidikan, ekspektasi karier, dan motivasi berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi S2 sebesar 69,7% dan sisanya sebesar 30,3% dipengaruhi variabel lain. Simpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa persepsi biaya pendidikan dan motivasi berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi S2. Sedangkan ekspektasi karier tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi S2. Saran yang diberikan dalam penelitian adalah mahasiswa perlu tetap meningkatkan motivasi dalam dirinya untuk melanjutkan studi S2 yang dapat dilakukan dengan mengikuti seminar atau workshop mengenai melanjutkan studi S2 sehingga akan tumbuh kesadaran untuk melanjutkan studi S2.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Melanjutkan S2, Persepsi Biaya Pendidikan, Ekspektasi Karier, dan Motivasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45836

Actions (login required)

View Item View Item