PENGARUH PRAKERIN, BASIC MENTALITY TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI PADA SISWA SMK JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN KELAS INDUSTRI LUWES UNGARAN


Anwar Muhammad, 7101416232 (2020) PENGARUH PRAKERIN, BASIC MENTALITY TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI PADA SISWA SMK JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN KELAS INDUSTRI LUWES UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PRAKERIN, BASIC MENTALITY TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI PADA SISWA SMK JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN KELAS INDUSTRI LUWES UNGARAN] PDF (PENGARUH PRAKERIN, BASIC MENTALITY TRAINING TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI PADA SISWA SMK JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN KELAS INDUSTRI LUWES UNGARAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kesiapan Kerja, Prakerin, Motivasi Kerja, Basic Mentality Training Kesiapan kerja bagi lulusan SMK menjadi isu yang menarik untuk dikaji secara komprehensif. Seperti yang dinyatakan dalam Peraturan Pemarintah No.29 Tahun 1999 Pasal 3 ayat 2 menjelaskan bahwa tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional. Akan tetapi fenomena yang ada di indonesia pengangguran terbanyak berasal dari lulusan SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara prakerin, basic mentality training terhadap kesiapan kerja melalui motivasi pada siswa SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Kelas Industri Luwes Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Kelas Industri Luwes Ungaran yang berjumlah 95 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa prakerin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, sedangkan basic mentality training tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja. Motivasi kerja mampu memediasi prakerin terhadap kesiapan kerja siswa, sedangkan motivasi kerja belum mampu memediasi basic mentality training terhadap kesiapan kerja. Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu siswa dalam berkegiatan prakerin maupun basic mentality training diharapkan lebih baik lagi, agar siswa dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilannya sebagai bekal terjun ke dunia kerja setelah lulus. Dan untuk pihak sekolah dan dunia industri agar dapat meningkatkan dan menambah waktu kegiatan basic mentality training agar siswa dapat tertanam nilai- nilai karakter

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesiapan Kerja, Prakerin, Motivasi Kerja, Basic Mentality Training
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:26
Last Modified: 09 Sep 2021 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45834

Actions (login required)

View Item View Item