PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE AFTER EFFECTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 KARANGANYAR GROBOGAN


Lavenia Farida, 1401416149 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE AFTER EFFECTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 KARANGANYAR GROBOGAN. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE AFTER EFFECTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 KARANGANYAR GROBOGAN] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE AFTER EFFECTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA KELAS IV SDN 2 KARANGANYAR GROBOGAN)
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi pada tanggal 12 April 2020 di kelas IV SDN 2 Karanganyar ditemukan masalah bahwa terbatasnya sumber belajar pada buku guru dan buku siswa, tidak adanya media pembelajaran yang interaktif dan tidak optimalnya pemanfaatan sarana laptop dan LCD proyektor. Hal tersebut berakibat pada rendahnya nilai hasil akhir muatan IPS Kelas IV SDN 2 Karanganyar Grobogan menunjukkan dari 36 siswa hanya 16 siswa (55,55%) yang tuntas dan 20 siswa (44,44%) tidak tuntas atau di bawah KKM. Sehingga diperlukan pengembangan media interaktif berbasis adobe after effects. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media interaktif berbasis adobe after effects pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono dengan langkah-langkah yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Karanganyar yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok besar dan SDN Jetis yang berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal uji coba, soal pretest, dan soal posttest. sedangkan isntrumen non tes yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data awal dengan uji normalitas dan analisis data akhir dengan uji paired t-test dan uji n-gain. Variabel bebas penelitian ini adalah media interaktif berbasis adobe after effects dan variabel terikatnya adalah data hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media interaktif berbasis adobe after effects merupakan jenis penelitian R&D menggunakan model pengembangan Sugiyono dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan penilaian ahli media sebesar 91%, ahli materi sebesar 87%, respon guru sebesar 100%, dan respon siswa sebesar 97%. Media interaktif efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil sig = 0,305 > sig 0,05 pada pretest dan hasil sig = 0,169 > sig 0,05 pada posttest maka dinyatakan berdistribusi normal. Lalu untuk hasil uji N-gain sebesar 0,4756 dengan kategori sedang dan hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung 12,595 > t tabel 2,030, maka Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif berbasis adobe after effects sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa di Indonesia. Saran penelitian selanjutnya media pembelajaran dapat dikembangkan kembali pada materi lain dengan perencanaan yang lebih matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: adobe after effects; IPS; media interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:43
Last Modified: 09 Sep 2021 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45833

Actions (login required)

View Item View Item