KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Kuni Sangadah, 1401416084 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Univeristas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di kelas III SDN Gugus Budi Utomo diperoleh informasi bahwa minat belajar dan hasil belajar pada muatan bahasa indonesia khususnya menulis karangan belum optimal. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang secara khusus mendukung keterampilan menulis siswa, sehingga minat dan hasil belajar menulis yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap minat belajar dan keterampilan menulis karangan narasi siswa SDN Gugus Budi Utomo. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk the nonequivalent pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Jatibarang 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III SDN Jatibarang 02 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan yaitu uji t dan n-gain. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,273>1,671), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,828>1,671), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil menulis karangan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil ini didukung oleh hasil uji n-gain yang menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,31>0,20 dan peningkatan hasil belajar menulis karangan yaitu 0,33>0,17. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran picture and picture efektif digunakan terhadap minat belajar dan keterampilan menulis karangan narasi. Dalam penerapan model pembelajaran picture and picture sebaiknya dipersiapkan dan direncanakan sebaik-baiknya agar siswa menjadi lebih berminat untuk belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: picture and picture; minat belajar; menulis karangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Abadi M. Kholid Baror
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:15
Last Modified: 09 Sep 2021 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45831

Actions (login required)

View Item View Item