DESAIN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA


Erta Alifah Febrianti, 4301416014 (2020) DESAIN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA] PDF (DESAIN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Metakognisi merupakan salah satu keterampilan dasar dalam pembelajaran mandiri untuk mempersiapkan pendidikan abad 21 yang diwujudkan pemerintah melalui penerapan Kurikulum 2013. Untuk dapat mempersiapkan pembelajaran mandiri melalui Kurikulum 2013 maka kemampuan metakognisi peserta didik harus dapat dideteksi melalui suatu tes. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes untuk mengukur metakognisi peserta didik pada materi asam basa. Desain penelitian mengadaptasi model 4D dari Thiagarajan et al., yang dilakukan hanya sampai tahap 3D, yaitu define, design, development. Subyek penelitian mahasiswa jurusan kimia UNNES pada uji pendahuluan dan peserta didik SMA N 9 Semarang pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara awal, tes uji kemampuan dan skala metakognisi untuk mengetahui kualitas, keefektifan dan profil metakognisi peserta didik, wawancara peserta didik untuk memperoleh data pendukung, skala tanggapan untuk memperoleh tanggapan peserta didik. Instrumen yang diujicobakan dilakukan validasi pakar terlebih dahulu. Terdapat tiga tahap uji coba yaitu, uji coba pendahuluan, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Kualitas instrumen dinyatakan memenuhi syarat apabila valid & reliabel, keefektifan diketahui melalui hasil analisis skala metakognisi dan ketercapaian terhadap butir item maupun indikator sedangkan profil metakognisi diketahui melalui ketercapaian level indikator metakognisi dan hasil wawancara. Analisis data penelitian dilakukan dengan IBM SPSS Statistics Version 21 untuk mengetahui reliabilitas, keterukuran instrumen, instrumen fit. Reliabilitas menggunakan reliabilitas skor komposit koefisien alpha strata, didapatkan reliabilitas instrumen tes sebesar 0,917. Validitas instrumen tes melalui penilaian pakar didapatkan skor 34 dari total skor 40 dan dinyatakan valid. Ketercapaian peserta didik 73% dari 50% item butir, profil metakognisi rata rata berada pada kategori sedang dengan proporsi paling tinggi pada level indikator mengembangkan pengenalan strategi berpikir dan merefleksi prosedur secara evaluative didukung data hasil wawancara yang dilakukan, keterukuran instrumen tes sebesar 74,810% dan kategori instrumen fit baik yaitu dibawah 50%. Hasil rekapitulasi angket menunjukkan hasil positif dengan respon “setuju” terhadap pernyataan sebesar 56%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metakognisi, Instrumen Tes, Asam Basa, Reliabilitas Skor Komposit.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:12
Last Modified: 09 Sep 2021 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45830

Actions (login required)

View Item View Item